-->
    |

FBMP Sebarkan 2000 Masker Dan Ajak Masyarakat Untuk Tidak Bakar Lahan


Kubu Raya, Kapuasrayatoday.com – Forum Budaya Merah Putih (FBMP) Kubu Raya demikian mereka menamakan diri, wadah berkumpulnya Organisasi Adat Budaya Lintas Etnis di Kab Kubu Raya, Bukan Hanya peduli pelestarian Seni dan Budaya, akan tetapi pada social kemanusiaan juga.

Seperti yang dilakukan Forum Budaya Merah Putih pada, Sabtu (21/02) pagi Di Pasar Kauala Dua, melihat kondisi Cuaca beberapa wilayah di Kubu raya yang Mulai diselimuti Kabut Asap akibat kebakaran Forum ini turun membagikan Masker serta Mengajak Masyarakat untuk Tidak Membakar lahan dan Hutan.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Forum Budaya Merah Putih Kubu Raya, Edi Suhairul kepada sejumlah awak media setelah laksanakan kegiatan tersebut.

Menurut Pria yang biasa disebut Edi Jenggot ini, beberapa waktu terakhir  Kubu Raya mulai diselimuti kabut asap akibat pembakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di sejumlah kecamatan di Kubu Raya, asap tersebut pun cukup mengganggu jarak pandang di Bandara Supadio Pontianak. 

Edi menjelaskan,2000 masker disebar oleh FBMP di sejumlah titik yang telah ditetapkan, hal ini bertujuan agar masyarakat yang tidak menggunakan masker bisa menggunakan masker. Selain untuk mencegah penularan Covid-19, manfaat lain dari bermasker juga dapat melindungi masyarakat dari asap dan debu kebakaran lahan tersebut.

"Masker ini kami bagikan secara berkala, agar dapat merata. selain itu kedepanya kami berharap kesadaran masyarakat yang menggunakan masker dapat meningkat,  dalam aksi tersebut kami pun menyuarakan himbauan terkait bahaya membakar lahan " tuturnya.



Hal senada juga disampaikan, Tau Hong Ketua Lembaga Budaya Tionghoa (Lembut) yang mengatakan masih banyaknya menjumpai masyarakat yang tidak menggunakan masker, apalagi cuaca saat ini juga kurang baik bagi kesehatan.

“Ketika kami bagikan masker serta himbauan untuk tidak membakar lahan disaat kemarau ini, ternyata masih banyak warga yang tidak menggunakan masker, sehingga kmai perlu lakukan aksi ini ke beberapa wilayah lainya,” ujar Tau Hong.

Forum Budaya Merah Putih Kubu Raya bertekad akan terus melakukan aksi social ini ke bebrapa wilayah di Kabupaten Kubu Raya.

“Selain melakukan Pembagian Masker, kami juga akan terus melakukan Himbauan kepada semua masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan terutama saat kemarau seperti ini,” jelas Edi Suhairul.

Edi Suhairul juga mengatakan Kondisi serta Situasi di Kabupaten Kubu Raya menjadi Tanggung jawab semua pihak termasuk Forum Budaya Merah Putih FBMP) Kubu Raya Ini, meskipun mereka melakukan dengan Swadaya serta kontribusi semua ketua Adat dan Budata se Kabupaten Kubu Raya.

Edi menyebut Forum Budaya Merah Putih FBMP) Kubu Raya terdiri dari DAD, MABM, KKSS, Paguyuban Jawa, IKBM, MABT, SO4, FKMB, Kawanua, Paguyuban NTB, POM, IPDKR, PBB, LPM, serta organisasi Kemasyarakatan lainya. (Tim/Red)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini