-->
    |

Peserta UKW di Kalbar Kecewa, Panitia Dinilai tak Profesional

Peserta saat di lokasi acara UKW

Sudarno: Kepada Dewan Pers, Peserta UKW yang bukan berasal dari Perusahaan Pers sebaiknya dibatalkan

Pontianak, Kapuasrayatoday.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Barat pada Sabtu (27/2/ 2021) melaksanakan Uji Kompentensi Wartawan (UKW) yang berlangsung di Ballroom Kalimantan Hotel Aston Pontianak.

Kegiatan UKW dibuka langsung Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, didampingi Anggota Dewan Pers, Pengurus PWI Kalbar, serta tamu undangan lainnya.

Peserta 56 yang terdiri dari tiga jenjang. Masing-masing jenjang muda 44 peserta, wartawan Madya 6 peserta, namun di daftar absen swab Antigen 7 peserta dan 6 peserta Utama.

Sebelum mengikuti UKW semua peserta diwajibkan mendaftar secara online, kemudian lihat pra UKW yang dilaksanakan langsung oleh Dewan Pers melalui aplikasi zoom meeting.

Daftar, mendaftar secara online, peserta diwajibkan mengumpulkan berkas kepada pengurus PWI ditingkat kabupaten dengan meluangkan persyaratan lengkap yang salah satunya adalah pasal 3 Akta pendirian perusahaan Pers

Peda kegiatan tersebut, dua calon peserta dari kabupaten Sekadau batal mengikuti UKW yaitu Muhammad Sandi dari SuaraSekadau.co.id untuk jejang muda dan Sudarno dari Kapuasrayatoday.com untuk Jenjang Madya. 

Pembatalan tersebut tidak ada pemberitahuan sebelumnya, diketahui setelah pembagian kelas dimana peserta madya yang mendaftar ada 7 peserta, sementara satu kelas UKW hanya diisi 6 peserta sehingga peaerta cadangan tidak diperbolehkan masuk ruangan kegiatan.

Dikonfirmasi ketua panitia UKW Kalbar Gusti Yusri yang juga ketua PWI Kalbar mengatakan "Bapak (Sudarno red) sebagai peserta cadangan tidak boleh masuk dulu, baru boleh masuk jika ada peserta jenjang Madya yang tidak hadir," ujar Gursti Yusri. 

Saat ditanya mengapa tidak ada konfirmasi sebelumnya Gusti Yusri menjawab "Sudah saya sampaikan," sambungnya. 

Sementara sebagai calon peserta UKW kedua peserta Sudarno dan Muhammad Sandi sampai mengikuti proses swab Antigen yang dilakukan oleh panitia tidak ada pemberitahuan sama sekali.

Calon peserta atas nama Muhammad Sandi baru berita kalau berkas yang tidak lengkap. Padahal dalam grup UKW PWI Kalbar selalu di umumkan berkas peserta yang tidak lengkap.

"Untuk itu saya berharap kepada Dewan Pers yang membatalkan keikutsertaan beberapa peserta UKW yang bukan berasal dari perusahaan Pers yang dipersyaratkan oleh Dewan Pers, "tegasnya. 

Bukti panitia tidak selektif

Peserta bukan dari perusahaan pers


 Penulis. Tim Redaksi

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini