-->
    |

Puluhan Warga Hong Kong Akan Didakwa Melanggar UU Keamanan Nasional

Sebagian akan dikenai dakwaan melanggar keamanan nasional. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Puluhan warga Hong Kong akan dipanggil polisi di seluruh kota itu pada Minggu (28/2). Sebagian akan dikenai dakwaan melanggar keamanan nasional di tengah meningkatnya penindakan keras oleh pemerintah terhadap warga yang beroposisi.

Benny Tai, salah seorang penyelenggara pemilu dini tidak resmi musim panas lalu, mengatakan dalam sebuah unggahan bahwa ada kemungkinan dia akan dikenai dakwaan.

Tai dan lebih dari 50 warga demokrat lain ditangkap dalam penyerbuan dini hari pada 6 Januari. Itu merupakan operasi keamanan nasional terbesar sejak disahkannya UU itu pada Juni lalu.

Mereka dituduh mengorganisir dan berpartisipasi dalam sebuah pemilu dini tidak resmi pada Juli lalu, yang bertujuan memilih kandidat terkuat untuk pemilu dewan legislatif.

Mereka sempat ditahan, diinterogasi, dan sebagian disita ponsel dan komputernya. Tapi mereka kemudian dibebaskan sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Ketika dihubungi oleh Reuters, seorang juru bicara polisi masih enggan mengonfirmasi apakah para aktivis itu akan didakwa melanggar UU keamanan nasional. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini