-->
    |

Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Bantu Proses Persalinan Warga Diperbatasan


Sintang,Kapuasrayatoday.com - 

Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-MLY Yonif 407/PK membantu proses persalinan warga yang melahirkan dalam keadaan emergency bertempat di Pos Kout, Kampung Entaja, Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalbar. Minggu Kemain (31/01/2021)

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis Nanga Badau, Kapuas Hulu, Kalbar, Senin (01/02/2021).

Dijelaskan Dansatgas, kejadian bermula ketika anggota Pos Kout menerima laporan dari salah seorang warga Kampung Entaja atas nama Bapak Artopo (41) bahwa istrinya yang tengah mengandung selama sembilan bulan tiba-tiba merasakan mulas dan kontraksi yang sangat kuat.

"Karena kondisinya tidak memungkinkan untuk dibawa ke puskesmas yang jaraknya cukup jauh, akhirnya Bapak Artopo memutuskan membawa istrinya ke Pos Kout yang kebetulan jaraknya dekat dengan rumahnya," Ungkap Dansatgas.

Tak menunggu lama, Tim Kesehatan Pos Kout yang dipimpin Dantonkes Letda Ckm Bambang beserta satu anggotanya memberikan pertolongan pertama kepada ibu Beta Ria (istri Bapak Artopo), dan memerintahkan anggota yang lainya menjemput Bidan Puskesmas untuk membantu proses persalinan.

"Ketika ibu eka selaku Bidan setempat tiba di Pos Kout, kondisi kepala bayi sebagian telah terlihat sehingga dengan cepat ibu eka bersama tim kesehatan Pos Kout membantu proses persalinan," terang Dansatgas.

Ditambahkan Letda Ckm Bambang bahwa persalinan darurat yang ia lakukan bersama tim kesehatan merupakan tindakan yang paling tepat.

"Dengan peralatan kesehatan terbatas, kami lakukan persalinan di Pos Kout, karena kondisinya tidak memungkinkan untuk dibawa ke puskesmas yang jaraknya cukup jauh. Alhamdulillah putra kedua dari Bapak Artopo lahir dengan selamat dan sehat." jelasnya. 

Lebih lanjut, Dansatgas menerangkan apa yang dilakukan Satgas, merupakan implementasi dari komitmen Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK sejak awal penugasan, "yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan dan masyarakat di perbatasan,” tegas Letkol Inf Catur Irawan.

Sementara itu, Bapak Artopo menyampaikan ucapan terima kasihnya atas bantuan persalinan yang telah diberikan oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK dari Pos Kout.

“Saya mewakili keluarga, mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah membantu persalinan istri saya, kami berharap, kelak anak kami dapat menjadi berkat bagi orang lain dan menjadi anak yang berguna bagi agama, bangsa dan negara,” terang artopo.

Penulis.     Penrem Sintang

Editor.        Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini