-->
    |

Antisipasi Karhutla, PT.DSN Group Laksanakan Sosialisasi dan Apel Siaga 2021


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

PT.Dharma Satya Nusantara (DSN Group) yang tersiri dari PT.Agro Andalan, PT.Kencana Alam Permai, PT.Dharma Persada Sejahtera, dan PT.Prima Sawit Andalan melaksanakan sosialisasi dan Apel Siaga Karhutla tahun 2021. 

Kegiatan dipusatkan di PT.Agro Andalan yang berlokasi di desa Setawar kecamatan Sekadau hulu Kabupaten Sekadau Kalbar Jumat (5/3) 2021.

Dalam sosialisasi dan apel siaga Karhutla 2021,DSN Group menyertakan tim Karhutla di empat Estate kebun yang tergabung kedalam group PT.DSN.



Kegiatan tersebut dihadiri Waka Polres Sekadau Kompol Edy Haryanto S.H. M.H unsur Muspika kecamatan Sekadau Hulu kabupaten Sekadau dan Muspika kecamatan Sepauk dan kecamatan Tempunak kabupaten Sintang, para kades dilingkungan DSN Group dan para tokoh masyarakat,serta tokoh Adat.

Sebelum dimulainya Apel Siaga Karhutla 2021, sekretaris TKT DSN  Tri Wahyu menyampaikan bahwa timnya sudah sangat siap baik Sapras maupun sarana pendukung lainya.

Tujuan dilaksanakannya apel siaga kata Tri Wahyu merupakan komitmen  kesiapsiagaan PT. DSN Group dalam mencegah terjadinya Karhutla.

Saat ini kita sudah memiliki tim yang terlatih karena telah mengadakan latihan bersama manggalaagni 2020 silam.

Selain sapras kata Tri Wahyu di area kebun kita juga memiliki Embung sebagai penampung air untuk memenuhi kebutuhan air ika sewaktu - waktu di perlukan

Ditempat yang sama Waka Polres Sekadau Kompol Edy Haryanto sangat mengapresiasi kegiatan sosiaslisasi dan apel siaga karhutla yang dilakukan oleh PT.DSN Group, "ini merupakan yang pertama pada tahun ini di kabupaten Sekadau kita lebih baik mencegah dari pada api sudah menyebar baru kita padamkan" kata Kompol Edy.

"Mari kita gelorakan bersama semangat pencegah karhutla, kita berharap semua elemen yang ada tetap bersinergi" kata Kompol Edy Haryanto.

Kedepankan tambah dia, sinergisitas lebih kita ditingkatkan, mencegah jauh lebih baik dari pada mengatasi. Terimakasih kepada PT DSN group yang sudah sangat siap dalam mencegah Karhutla di kabupaten Sekadau ujar Kompol Edy Haryanto.

Danramil Sekadau hulu, Kapten Inf Indra Fiansyah Chaniago mengajak seluruh elemen bahu membahu dalam mecegah karhutla, jangan ada ego sektoral dalam hal ini, kata Kapten Chaniago, kita berharap tidak terjadi kebakaran yang dapat menimbulkan kerugian bagi kita bersama. Selain itu pencegahan Covid -19 juga tidak boleh kita abaikan. Protokol kesehatan tetap kita prioritaskan ujar Kapten Inf Indra F Chaniago.

Hal senada juga disampaikan Camat Sepauk, Cinghan. Apa yang dilakukan oleh PT.DSN Group patut kita apreaisai dimana telah menginisiasi kegiatan sosialisasi dan apel siaga Karhutla 2021 ini. Untuk mendukung tim dilapangan kata Cinghan, tolong sapras yang ada di siapkan secara benar apakah berfungsi atau tidak jangan sampai alatnya ada tapi tidak berfungsi  ujar Chinghan.

Kita bersyukur saat ini masyarakat kita sedang menungu panen padi. Jadi jika terjadi kebakaran berati bukan untuk ladang dan jika ada kebakaran lahan untuk di tanam sawit, kepada aparay supaya ditindak saja kata Chinghan.

Kades Setawar Agus  yang dalam hal ini merupaka tuan rumah dimana PT.DSN Group berkedudukan, dirinya sangat mengapresisai PT.DSN Group yang telah melasanakan kegiatan sosialisasi dan apel siaga Karhutla 2021.yang mengangkat tema " Kita Bersama Mewujudkan Kalbar Bebas Asap" ini merupakan tema besar yang harus kita dukung kata Agus.

Sebelum dilaksanakannya kegiatan ini, kami bersama anggota Bhabinkantibmas desa Setawar  telah mengadakan pengecekan ke PT.DSN Group mengenai peralatan untuk pencegahan Karhutla 2021 dan kita melihat itu sangat siap kata kades yang sangat familiar itu.

Sementara itu General Manager PT. Agro Andalan Jhoner Silaen dalam arahannya  mengatakan, sosialisasi dan apel siaga karhutla 2021 ini kita siagakan karena beberapa hari terakhir cuaca sangat ekstrem, siaga saja bisa bobol apalagi kita terlena ujar Jhonner Silaen. 

Kesiapsiagaan dengan menyiapkan tim dan beberapa peralatan ini, merupakan bentuk komitmen PT.DSN dalam pencegahan Karhutla.Selain itu sambung Jhonner Silaen dalam pencegahan Karhutla DSN Group akan melakukan kerjasama dengan semua desa binaan PT.DSN Group pingkas Jhonner Silaen.



Diakhir Sosialisasi dan Apel Siaga Karhutla 2021, dilakukan pembacaan deklarasi Karhutla DSN Group dan dilanjutkan dengan Penandatanganan  kesepakatan bersama di Baliho yang bertemakan "Kita Bersama Mewujudkan Kalbar Bebas Asap" dan simulasi Karhutla.


Penulis.    Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini