-->
    |

Buka Musrenbang 2021, Ini Skala Prioritas Jarot di Tahun 2022


Sintang, Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sintang, Jarot Winarno, di dampingi Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, buka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Sintang tahun 2021 yang berlangsung digedung Pancasila Selasa (16/3) 

Musrenbang dilakukan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 dengan 

mengusunga tema "Peningkatan Pelayanan Kesehatan, Infrastruktur dan Sumberdaya Manusia dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Menuju Sintang yang Berkelanjutan".

Kegiatan Musrembang ini juga dihadiri  Sekda Provinsi Kalbar ALLeysandri secara virtual untuk mewakili Gubernur Kalbar.

Dalam krisisnya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, Musrembang ini mengangkat tiga sektok penting, yaitu "Kesehatan, infrastruktur dan Sumberdaya Manusia dalam bingkai Sintang yang Berkelanjutan". “Kita focus pada itu” tegas Jarot.

Jarot menambahkan dalam situasi seperti ini kita harus menjaga Sintang dari Corona, dan hal yang dapat merusak kesatuan dan persatuan.

Sebab, dampak korona tidak hanya pada sektor kesehatan, tapi pada kehidupan sosial kita juga berubah, dan yang paling terasa tentu pada ekonomi masyarakat kata Jarot.

Dijelaskannya, untuk bidang kesehatan, Pemkab Sintang memfocuskan pada bidang stunting yang mulai dengan perbaikan sanitasi lingkungan seperti air bersih, open defecation free (ODF). 

Kemudian baru pelayanan kesehatan dasar, gizi, dan pelayan kesehatan lainnya kata Jarot. 



Sementara untuk pembangunan infratsruktur dasar, Jarot dapat menyelesaikan pembangunan jalan utama Sintang-Merakai, Pintas Keladan - Senaning, Manis Raya - Sekujam Timbai, Buluh Kuning - Nanga Pari, Simpang Paoh - Benua Baru, kemudian juga Tempunak hulu, selain itu ruas provinsi Simpang Medang sampai ke Serawai terang Jarot. 

Untuk bangunan fisik, Tiga kantor kecamatan yakni Ketungau hilir, Kayan hulu dan Kayan hilir ungkap Jarot.

Kepada para pimpinan OPD Jarot mengingatkan selesaikan bangunan yang belum selesai seperti pusat Kristian serta bangunan-bangunan lain yang belum selesai. Jangan bangunan baru, kita selesaikan yang belum selesai.

Kemudian tambah Jarot, hal-hal lain yang sifatnya kegawatdaruratan seperti drainase, pembuatan trotoar jalan yang ramah untuk anak. 

Selain itu kata Jarot, Kabupaten Sintang akan tetap berpegang pada rencana aksi daerah sintang lestari. Diamana ekonomi yang bersifat ekstraktif yaki ekonomi yang mengekploitasi sumber daya alam, perkebunan-perkebunan besar di hentikan. “Kita focuskan pada ekomomi kreatif, pertanian yang kreatif, ada sengkubak, porang, teh dataran rendah, kopi, kakau, dan sebagainya” tutup Jarot.

Ketua panitia kegiatan Deddy Irawan mengatakan maksud dan tujuan musrembang untuk melakukan kesepakatan terhadap prioritas pembangunan daerah, penyepakatan program kegiatan dan alokasi yang telah diusulkan pada musrembang tingkat kecamatan dan forum perangkat daerah. “Musrembang ini juga bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi kalbar” terang Deddy. 

Hadir juga Anggota DPRD Provinsi Kalbar Dapil Sintang, Melawi & Kapuas Hulu Terry Ibrahim, Wakil Ketua DPRD Kab. Sintang Jefrray Edward, Kepala Bappeda Kab. Sintang Kartiyus, unsur Forkopimda Kab. Sintang, Ketua TP PKK Kab. Sintang Maria Magdalena, Mantan Bupati Sintang 2005-2015 Milton Crosby, para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sintang, para Camat dan tamu undangan lainnya.

Sumber. Prokopim Sintang

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini