-->
    |



Polres Sekadau Laksanakan Rakor Pencegahan Konflik Sosial dan Karhutla 2021


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Polres Sekadau mengelar rapat koordinasi bersama pihak perkebunan dalam rangka mencegah permasalahan yang dapat menjadi konflik sosial pada Rabu (10/3).

Pertemuan berlangsung di aula Bhayangkara Patriatama tersebut,selain membahas masalah sosial,b juga membahas upaya  pencegahan kebakaran hutan dan lahan  di kabupaten Sekadau 2021.

Kegiatan tersebut dihadir Plh Bupati Sekadau Frans Zeno, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kapolsek jajaran, Ketua DAD, MABM dan MABT Kabupaten Sekadau.

Dalam sambutannya, Kapolres Sekadau AKBP K. Tri Panungko mengharapkan agar agenda pembahasan saat ini dapat disikapi dengan baik, terutama karhutla yang telah menjadi isu nasional.

Kepada pihak perusahaan, Kapolres mengimbau agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.Perusahaan diharapkan  dapat menyediakan sarana dan prasarana untuk mencegah dan menanggulangi karhutla di wilayah sekitarnya kata Tri Panungko.

"Apabila terjadi kebakaran, perusahaan diharapkan berperan aktif membantu mencegah meluasnya kebakaran sesuai dengan fungsi CSR," ungkap Kapolres.

Kapolres mengibaratkan, pembukaan lahan dengan cara membakar bagaikan dua sisi mata uang. Cara ini mudah dan praktis, namun pada sisi lain, secara keseluruhan masyarakat akan terkena imbas kabut asap yang muncul.

Dalam regulasinya,Kepolisian sebagai penegak hukum berada di tengah - tengah dua sisi mata uang. Tentu apabila menyalahi aturan tetap akan di proses sesuai prosedur ucap Kapolres.

Dalam mencegah konflik sosial, lanjut Kapolres, diharapkan sedini mungkin terjalin komunikasi yang baik antara warga, masyarakat, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

"Tujuannya untuk mencegah konflik agar tidak meluas, stabilitas keamanan tetap kondusif serta menjaga iklim investasi di Kabupaten Sekadau berjalan dengan baik," pungkas Kapolres.(hms/red)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini