-->
    |

Umat Kristen Irak Rayakan Minggu Palma di Qaraqosh

Umat Kristen Irak menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Qaraqosh 7 Maret 2021 lalu (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com -
Ribuan orang Kristiani telah merayakan Minggu Palma (28/3) di Qaraqosh, Irak dengan mengambil bagian dalam pawai melalui kota itu dengan memegang daun palma dan ranting pohon zaitun.

Qaraqosh terletak sekitar 32 kilometer arah tenggara dari Mosul. Komunitas Kristen Irak di daerah itu mengalami pukulan telak ketika mereka tercerai-berai karena serangan kelompok ISIS pada tahun 2014, yang semakin mengurangi populasi umat Kristen di negara itu yang terus menyusut.

Banyak orang Kristen yang melarikan diri dari serangan ISIS telah tinggal di wilayah Kurdistan Irak atau memulai hidup baru di luar negeri.

Qaraqosh adalah salah satu daerah yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam lawatan bersejarahnya ke Irak pada Maret 2021.

Paus mengadakan Misa di gereja Santa Maria Tak Bernoda untuk mendorong umat Kristen Irak agar tetap tinggal di tanah air mereka.

Minggu Palma menandai dimulainya Pekan Suci yang diakhiri dengan Minggu Paskah. Minggu Palma memperingati masuknya Yesus Kristus ke Yerusalem sebelum penangkapan dan penyalibannya, ketika orang-orang dari penduduk kota menggelar ranting-ranting Palma di jalan yang dilewatinya. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini