-->
    |

Presiden Ukraina: Mundurnya Pasukan Rusia Redakan Ketegangan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Presiden Ukraina mengatakan Kamis (22/4) bahwa pengurangan pasukan Rusia di dekat perbatasan dengan Ukraina telah meredakan ketegangan antara dua negara bertetangga itu tetapi dia memperingatkan negaranya harus tetap waspada.

Rusia sebelumnya memerintahkan puluhan ribu pasukan kembali ke pangkalan mereka setelah latihan berskala besar yang semakin meningkatkan ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

“Pengurangan pasukan di perbatasan kami secara proporsional mengurangi ketegangan,” kata Presiden Volodymyr Zelenskiy dalam cuitan di Twitter. “Ukraina selalu waspada, namun menyambut baik setiap langkah untuk mengurangi kehadiran militer dan meredakan situasi di Donbass.”

Donbass adalah wilayah di Ukraina tenggara di mana konflik antara kedua negara telah berlangsung sejak 2014, ketika Rusia mencaplok Krimea dan mulai mendukung separatis di wilayah tersebut.

Amerika Serikat dan NATO mengatakan penambahan pasukan Rusia tersebut adalah yang terbesar sejak aneksasi Krimea oleh Rusia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memerintahkan pengurangan pasukan setelah mengumumkan diakhirinya manuver di Krimea dan Rusia barat (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini