-->
    |

Acara Uji Coba Olimpiade Tokyo Tuai Pujian

Para pelari mengikuti lomba lari setengah maraton dan lomba 10K, yang merupakan ajang uji coba lomba lari maraton Olimpiade Tokyo 2020 "Hokkaido-Sapporo Marathon Festival 2021" di tengah pandemi COVID-19 di Sapporo, Hokkaido, Jepang 5 Mei 2021. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Uji coba Olimpiade dalam rangka evaluasi protokol kesehatan COVID-19 untuk Olimpiade Tokyo mendatang mendapat pujian dari kepala badan dunia yang mengatur olahraga trek dan lapangan.

Penyelenggara uji coba lomba maraton hari Rabu (5/5) di kota Sapporo, bagian utara Jepang, menganjurkan agar masyarakat umum tidak menghadiri acara tersebut, bahkan mengerahkan sejumlah staf ke sepanjang rute lintasan dengan membawa banner bertuliskan "tolong jangan menonton acara ini dari sini."

Sedikit atlet yang ikut dalam lomba itu harus menjalani protokol pengetesan yang ketat sebelum dan sesudah memasuki Jepang. Mereka umumnya hanya dibatasi dalam kamar hotel kecuali sedang berlatih.

Kepala Badan Atletik Dunia Sebastian Coe mengatakan panitia penyelenggara menunjukkan "kemampuan tertinggi" untuk menggelar maraton dan pertandingan jalan cepat di Sapporo. Kedua lomba seharusnya diadakan di Tokyo, tetapi dipindahkan untuk menghindari suhu kota yang tinggi di musim panas.

Olimpiade Tokyo yang tertunda akan berlangsung mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Penyelenggara menunda pertandingan itu selama setahun ketika virus baru corona mulai menyebar ke seluruh dunia.

Akan tetapi, sementara Tokyo dan beberapa bagian lain di Jepang dalam keadaan darurat untuk meredam lonjakan baru infeksi COVID-19, jajak pendapat masyarakat baru-baru ini menunjukkan mayoritas warga Jepang percaya bahwa Olimpiade seharusnya ditunda lagi atau dibatalkan.  (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini