-->
    |

Dewan Apresiasi, Rancangan RPJMD Sekadau 2021-2026


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Mencermati rencana awal (Ranwal) RPJMD kabupaten 2021-2026 yang disampaikan bupati Sekadau, (25/5) 2021.Fraksi Nasdem DPRD kabupaten Sekadau Teguh Arif Hardianto menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada kepala daerah terpilih kabupaten Sekadau.

Apresiasi ini disampaikan berkenaan dengan 7 misi yang disampaikan  bupati. Dimna misi yang disampaikan benar benar sesuai dangan kondisi dan kebutuhan real kabupaten Sekadau. Visi misi ini membumi bukan angan-angan  kata Teguh.

Misi ketiga yang berkenan dangan mempercepat dan meningkatkan kualitas infrastruktur dasar memang suatu hal yg mutlak diinginkan oleh masyarakat Sekadau sambungnya.

Misi keempat berkaitan penciptaan iklim investasi yang kondusif serta pengembangan ekonomi berbasis kerakyatan.

Sedangkan misi kelima, peningkatan kesejahteraan petani dan buruh.

Ini menjadi salah satu pedoman dalam menciptakan Sekadau baru Sekadau maju. "Sekadau yang maju sejahtera dan bermartabat" ujar dia lagi.

Sebagai contoh, kabupaten Sekadau ditahun 2020 mengalami pertumbuhan ekonomi minus 0,98%. Pertumbuhan ekonomi Sekadau sangat tergantung dari sektor pertanian dan perkebunan.

Selain itu, konsumsi rumah tangga juga menjadi salah satu bagian pendorong pertumbuhan ekonomi Sekadau. Walaupun tahun 2020 kita minus pertumbuhannya, namun sektor konsumsi rumah tangga meningkat lebih dari 50%. Artinya sektor swasta tetap tumbuh walaupun pertumbuhannya agak lemah.

Untuk infrastruktur memang dibutuhkan anggaran yang sangat besar. Tidak bisa hanya mengharapkan dari APBD kabupaten Sekadau sepenuhnya. Program tersebut harus sinergisitas dengan progam APBD Propinsi maupun dukungan dana APBD. 

Untuk memenuhi kebutuhan dana pembangunan, pemda dapat melaksanakan pinjaman daerah, baik lewat PT. SMI (BUMN Menkeu) maupun dapat dilakukan lewat PT. bank Kalbar, sepanjang tidak melanggar aturan kata Teguh menguraikan.

Untuk percepatan pencapaian visi misi tersebut, Fraksi Nasdem meminta seluruh OPD di lingkungan Pemkab Sekadau bersinergi dan menyamakan persepsi sesuai dengan misi yang disampaikan dalam Ranwal RPJMD Kabupaten Sekadau  2021-2026. 

Sehingga program dan kegiatan yang ditawarkan dan tertuang dalam APBD kabupaten Sekadau hasilnya sejalan dengan visi misi bupati harap Teguh.

Penulis.    Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini