-->
    |

Kasus Covid Meningkat, Dewan Minta Masyarakat Jangan Panik, Terapkan 5M


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - Menyikapi meningkatnya kasus terkonfirmasi positif covid-19 di kabupaten Sekadau masyarakat diminta untuk tidak panik.


Meningkatnya kasus terkonfirmasi covid -19 disebabkan gencarnya Dinkes melaksanakan Traching dan testing serta gencarnya Tes swab maupun ravid antigen sehinga hasilnya tentu berbanding lurus dengan peningkatan kasus yang terkonfirmasi ungkap Teguh.


Dengan terungkapnya data masyarakat yang terkonfirmasi, maka Pemkab Sekadau beserta satgas covid -19 dapat melakukan pemetaan dalam penanggulangan, pencegahan dan penyebaran virus covid - 19 kata ketua fraksi Partai NasDem Sekadau Teguh Arif Hardianto Selasa (4/5) di Sekadau.


Teguh mengimbau  masyarakat harus semakin disiplin dalam melaksanakan Prokes dengan menerapkan  5M. Yaitu, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan,serta membatasi mobilisasi dan interaksi. 


Berkenaan dangan pemberlakuan  pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro (PPKM) di kabupaten Sekadau, dan wacana pemasangan pos pemeriksaan/pencegatan antar batas kabupaten, dia berharap dilakukan dengan memperhatikan kondisi kearifan lokal yang ada. 


PPKM Mikro berbeda dengan PSBB. Jangan PPKM  mikro tapi pelaksanaannya PSBB ujar Teguh.

Apalagi suasana menghadapi lebaran dengan tradisi bersilahturahmi antar keluarga, sahabat, rekan dan handai taulan sangat dinantikan dalam setahun sekali katanya 


Jangan dikesankan melarang orang keluar masuk kabupaten Sekadau karena hal ini akan menciptakan kegaduhan sambungnya.


Untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19, warga yang akan masuk ke Sekadau bisa disyaratkan membawa surat bebas covid 19 dari instansi resmi. Ataupun Sebaiknya di pos pemeriksaan batas antar kabupaten/kota disiapkan sarana dan prasarana standard penanggulangan, pencegahan dan penangan covid 19 seperti misalnya menyediakan alat Test deteksi covid 19. yang menggunakan alat Genose yang biayanya cukup terjangkau bagi pelalu lalang yang keluar masuk ke Sekadau sarannya.


Dan yang terpenting, lanjut dia dengan adanya pos pemeriksaan di batas kota tidak menggangu arus distribusi barang.Petugas di lapangan harus bijaksana namun tidak mengabaikan Prokes.


Untuk menghindari salah pengertian dimasyarakat, sosialisasi terhadap hal ini harus dilakukan dengan benar dan cermat pungkas Teguh.


Penulis.     Sudarno


#IngatPesanIbu,

#PakaiMasker

#CuciTangaDenganSabundiAirMengalir

#HindariKerumunan

#JauhiMobilisasidanInteraksi

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini