-->
    |

Pemerintah Kuba Akhiri Aksi Mogok Makan Aktivis

Tangkapan layar dari siaran Cuban TV, tampak seniman dan aktivis Kuba, Luis Manuel Otero Alcantara, dibawa oleh petugas medis ke Rumah Sakit Calixto Garcia di Havana, Minggu, 2 Mei 2021. (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Pemerintah Kuba pada Minggu (2/5) mengakhiri aksi mogok makan yang berlangsung selama seminggu yang dilakukan oleh seorang pembangkang terkemuka, pemimpin kelompok yang memprotes penyensoran karya seni. Pihak berwenang melaporkan seniman itu dalam keadaan stabil.

Sebuah catatan yang dirilis Departemen Kesehatan Masyarakat Havana mengatakan Luis Manuel Otero Alcantara "dirujuk" ke sebuah rumah sakit Minggu pagi (2/5) karena "kekurangan asupan makanan" dan tiba dengan ambulans dan "bisa berjalan tanpa kesulitan." Dia tidak makan dan minum selama tujuh hari.

Gerakan San Isidro yang dipimpin oleh Otero Alcantara adalah kelompok pembangkang yang beranggotakan puluhan seniman, penulis dan aktivis.

Depkes Havana mengatakan rumah sakit tidak menemukan tanda-tanda malnutrisi ataupun ketidakseimbangan kimia. Namun, Depkes mengatakan Otero Alcantara menjalani rawat inap, dalam keadaan stabil dan dirawat oleh dokter.

Para anggota gerakan San Isidro mengatakan pihak keamanan telah memaksa Otero Alcantara keluar dari rumahnya dan bahwa dia ditahan, kemungkinan di rumah sakit. Mereka mempertanyakan laporan itu dan menuntut informasi lebih lanjut.

Lewat Twitter, Departemen Luar Negeri Amerika Serkita (AS) Sabtu (1/5) menyatakan kekhawatiran akan kesehatan Otero Alcantara dan mendesak pemerintah Kuba untuk segera mengambil langkah guna melindungi kehidupan dan kesehatannya. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini