|



Kabupaten Sintang Dapat Alokasi 163 Tower BTS USO


 Sintang,Kapuasrayatoday.com - 

Pada tahun 2021, Pemkab Sintang mendapat 163 Tower Base Transceiver (BTS) USO dari Kementerian Komimfo RI yang akan di bangun secara bertahap.

Hal tersebut disampaikan bupati Sintang Jarot Winarno saat Audiensi bersama Fiberhome yang berlangsung di Pendopo Rudin bupati Sintang pada Selasa (15/6) 2021.

"Kita dapat 163 menara BTS, dan paling banyak di antara kabupaten yang ada di Kalbar. Sedangkan lokasinya diatur sedemikian rupa, untuk desa yang belum dapat menara BTS, mudah - mudahan bisa mendapat sinyal dari menara yang berada di desa tetangganya" kata Jarot.

Tahap pertama kata Jarot segera di bangun 34 menara, kemudian tahap kedua nanti 129 menara, jadi totalnya 163. untuk induknya sendiri yang nanti bekerja sebagai penguat menara BTS yang rencana yang dibangun tersebut akan dibangun di belakang Gedung Serbaguna Sintang. 

Jarot berharap, dengan dibangunnya menara-menara ini mudah-mudahan konektivitas telekomunikasi di pedalaman bisa lebih bagus. Karena konektivitas itu tidak hanya jalan tapi komunikasi juga menjadi penting sehingga orang tua yang tinggal di pedalaman bisa ngecek anak-anak yang menempuh pendidikan di perkotaan dan sebagainya. Karena ini yang masyarakat minta, sinyal tu ada sampai ke pedalaman tambah Jarot.

Jarot menjelaskan untuk ini di fokuskan untuk daerah Kayan, sementara tahun lalu di Serawai dan Ambalau, serta tahun sebelumnya di perbatasan di Ketungau.

Terkait Desa Sekubang, Kecamatan Sepauk yang belum mendapatkan alokasi Tower BTS, Jarot pun menanyakan hal tersebut kepada pihak Fiberhome. Karena kata Jarot, desa-desa sekitarnya mendapatkan alokasi, seperti Bernayau, Libau dan Nanga Pari.

"Ada kita bahas, Bernayau, Libau dan Nanga Pari dapat, jawab mereka, mereka akan coba buat sistem jaring laba-laba, di libau, kemantan, bernayau dan nanga pari itu bisa mengcover seluruh desa, landau panjang dapat, sengkubang pun dapat"jelas Jarot.

"Karena di sekubang sebagai calon ibu kota kecamatan sepauk hulu dan juga sudah di bagun Puskesmas megah, kita minta secara khususlah, kita sudah surati menteri kominfo langsung, mudah-mudahan tahap berikutnya dapat alokasi di sana"ungkap Jarot.

Turut mendampingi Bupati pada audiensi tersebut yakni, Kadiskominfo Kab. Sintang, Kadis Lingkungan Hidup Kab. Sintang dan sejumlah unsur OPD terkait lainnya.(prokopim/red)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini