-->
    |

Tingakatkan Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi, Kades Tp.Perodah Bekerjasana Dengan PT.Agro Andalan Lakukan Tanam Padi Gadu

 Bupati : Ini Sangat Membatu Ekonomi Masyarakat



Sekadau,Kapuasrayatoday.com -

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19, kepala desa Tapang Perodah memandang dengan PT.Agro Andalan melakukan penanaman pagi musin gadu 2021.

Penanaman perdana dilakukan oleh bupati Sekadau Aron SH, didampingi kadis DKP3, Drs.Sande,Kepala BPKAD Iwan Karamtika, Camat Sekadau Hulu Aloysius Ashari, General Manager PT.Agro Andalan Imanuel Tibian, kades di Setawar, Kades Nangga Pemubuh dan Kades Tp.Perodah, Babhinsa, Bhabinkamtibmas serta nomor undangan lainnya.



Sebelum melakukan penanaman perdana, bupati Sekadau beserta rombongan disambut dengan upacara adat Dayak Kerabat, yang dilanjutkan dengan penanaman perdana padi gadu 2021.


Usai penenaman padi.perdana, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah di lokasi sawah.

Cantong kepala desa Tapang Perodah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada bupati Sekadau atas kunjungannya di desa Tapang Perodah, dan ini merupakan kunjungan perdana bupati Sekadau sejak dilantik kembali pada 18 Juni 2021 kata Cantong.



Cantong menambahkan, dalam penanaman gadu ini, takut melihat PT.Agro Andalan yang sebagai motivator utama dan penyediaan benih, herbisida, serta bimbingan teknis penenaman padi gadu tahun 2021 ungak Cantong saat sambutannya Kamis (24/6) 2021.


Penanaman pagi gadu dimasa pandemi covid-19 merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kata Cantong.


Untuk diketahui kata Cantong lagi, saat ini tiga desa di wilaya kerja PT.Agro Andalan dan PT.Bintang Sawit Lestari sudah masuk PLN dan ini berkat kerjasama yang baik dari semua pihak yaitu PT.Agro Andalan, Anggota DPRD Provinsi Kalbar Martinus Sudarno, dan pengurus Tariu Borneo  Bangkule Rajank.Meski ada sedikit masalah dengan masyaratak terkait tanam tumbuh, itu akan segera kita selesaikan tegas Cantong


Terimakasi kepada PT.Agro Andalan yang telah mempasilitasi kami tiga desa ini ke PT.PLN wilayah kalbar jaringan PLN saat ini sudah dalam tahap pemasangan pungak Cantong.


Camat Sekadau hulu Aloysius Ashari menyambut baik atas terobosan yang dilakukan oleh PT.Agro Andalan.ini berdampak sangat baik dan merupakan salah satu solusi agar masyarakat tidak mengolah hutan untuk menjadi ladang ucap Camat.


Ditempat yang sama General Manager PT.Agro Andalan Imanuel Tibian menyampaikan, melihat potensi yang ada di tiga desa yakni desa Setawar, Pemubuh, dan Tp.Perodah kami membuat program dimana tahun 2021 program kami ada di dua desa dan dua kelompok tani yaitu kelompok tani Glotado desa Setawar dan Jundak Mayang Mengurai di desa Tp.Perodah. 

Untuk selanjutnya kata Imanuel, luasannya akan kita tambah sesuai dengan kondisi setempat.

Kepala dinas DKP3 Sekadau Drs Sande mengatakan, dengan adanya kegiatan seperti ini kita berharap perugas penyuluh lapangan (PPL) dipersiapkan dengan baik agar tujuan yang kita inginkan bisa tercapai.

Kita di Sekadau kata Sande selain padi juga ada Jagung. Namun untuk jangung kita mengalami kesulitan pemasaran hasil,setiap habis panen tidak ada yang beli ungkap Sande.

Bupati Sekadau dalam sambutannya berharap kedepan bisa mengoptimalkan sumber daya kita yang ada. Sebab kata Aron saat ini kebutuhan akan beras, sayur, dan ikan selama ini dipasok dari luar, padahal kita punya potensi, punya sumberdaya maka dengan progran kita IP3K kebutuhan akan hal tersebut bisa kita penuhi dari daerah kita ungak Aron.

Kepada semua perusahaan yang di kabupaten Sekadai kita berharap dapat mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. Itu sudah perintah undang - undang kata bupati. Bupati meminta kepada dinas terkait, Perugas Penyuluh Lapangan (PPL) agar konsen membina petani.

Terkait covid-19, di mana pun kita tetap mematuhi prokes. pentingnya kita harus memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Sebab Covid-19 bukan hanya masalah kita, tapi sudah menjadi masalah Dunia tegas Bupati.

Penulis. Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini