|



Bupati Sekadau, Tanam Perdana Pagi Gadu Poktan Glotado Setawar

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati kabupaten Sekadau, Aron SH pada Kamis (15/7) 2021 melakukan penanaman perdana padi musim gadu Kelompok Tani Glotado desa Setawar kecamatan Sekadau hulu.

Penanaman perdana padi gadu dihadiri bupati Sekadau Aron SH didampingi ibu ketua pengerak PKK Ny.Magdalena Susilawati Aron SP, Kapolres Sekadau AKBP. K.Trie Panungko, Kejari Sekadau Cumondo Trisno SH.dan jumlah pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau.

Bupati Sekadau Aron SH mengatakan, bahwa pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini karena selain meningkatkan ketahanan pangan, penanaman gadu seperti ini juga selaras dengan Visi dan Misi serta program pemerintah yaitu IP3K.(Infrastruktur, Pertanian, Perternakan, dan Perikanan untuk Kesejahteraan masyarakat) kata Aron 

Kedepan lanjut Aron, kita berharap bisa berada pada surplus beras. Kita tidak lagi berpikir untuk eksentisifikasi lahan pertanian, tetapi kita harus berpikir intensifikasi salah satunya dengan melakukan penanaman padi dua atau tiga kali dalam setahun untuk meningkatkan hasil pengungkapan Aron.

Untuk mencapai program IP3K, kita akan mengundang seluruh PPL yang ada untuk membuat analisa tentang agar bantuan yang kita salurkan kepada masyarakat tepat sasaran.Jadi kita akan fokus pada pemberdayaan PPL untuk melakukan pembinaan tegas Aron.



Agus kepala desa Setawar mengungkapkan di desa Setawar terdapat 12 kelompok tani, dan 1 gapoktan.salah satunya adalah Kelompok Tani Glotado beber Agus.

Penanaman padi gadu yang kita lakukan pada hari ini terang Agus, adalah berkat pembinaan dari PT.Agro Andalan kepada kelompok tani Glotado. Perushaaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit yang ada dilingkungan desa Setawar.

PT.Agro Andalan tambah Agus, selain melakukan pembinaan petani Sawit juga melakukan pembinaan terhadap petani padi.

Dengan kehadiran PT .Agro Andalan saya merasa sangat terbantu dan ini sangat membanggakan kata kades.

Selain itu, kades juga berharap kedepan Pemkab bisa membantu kelompok tani kami baik berapa bibit atau lainnya. Untuk yang kita tanam perdana pada hari ini, semuannya merupakan bantuan dari PT.Agro Andalan terang Agus.

Camat Rawak Aloysius Ashari mengatakan, PT.Agro Andalan adalah salah satu contoh yang baik, saya rasa hal sepwrti ini perlu dilakukan oleh perusahaan lain di mana.selain bergerak di bidang kelapa sawit juga melakukan pembinaan petani tanaman pangan kata camat.



Kadis DKP3 Drs.Sande mengatakan, sampai saat ini lahan pertanian sawah di kabupaten Sekadau dari data yang ada sekitar 10.000 Ha, dan masih ditanam sekali setahun saja kita cukup untuk komsumsi selama dua belas bulan lebih sedikit ungkapkan Sande.

Jika kita menanam gaduh 50 persen saja maka kita akan surplus. Kepada kelompok tani saya berharap manfaatkan bantuan pemerintah dengan sebaik mungkin harap Sande.

Direktur Pelaksana PT.Agro Andalan Imanuel Tibian mengungkapkan, pembinaam ini kita lakukan untuk memanfaatkan lahan persawahan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan.Kita kata Imanuel Tibian, mendukung sepenuhnya kegiatan ini, baik berupa bantuan bibit maupun bantuan teknis.

Kapolres Sekadau AKBP K.Trie Panungko mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi prokes karena sampai saat ini belum ada obatnya.Terkait Karhutla, sesuai pergub kalbar 103 tahun 2020 masyarakat boleh melakukan pembukaan lahan dengan cara menyalakan, Namun ada persyaratan tertentu yang harus dilakukan saat membuka lahan . Terutama harus memperhatikan aspek Lingkungan hidup kata Kapolres.

Kejari Sekadai Cumondo Trisno SH menyampaikan seorang PPL harus pintar menyiasati pembinaan terhadap petani, dan perhatian cara bertani dengan baik agar hasilnya bisa maksimal dan diharapkan Cumondo Trisno.

Ditempat yang sama, Ny.Magdalena Susilawati Aron SP menyarankan agar masyarakat juga memanfaatkan lahan kosong di sekitar pekarangan rumah untuk menanam buah-buahan, salah satunya jambu kristal kata Susi.( Pangilan untuk Ny.Magdalena Susilawati SP) Karena jambu kristal memiliki kandungan vitamin yang baik untuk pertumbuhan anak, agar anak.terhindar dari stunting ujar Susi.


Penulis. Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini