-->
    |

Durian Mulai Banjiri Pasar Sekadau, Pemodal Mulai Berdatangan


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - Pedagang buah musiman sudah mulai membajiri kawasan stegher pasar Sekadau.

Pedagang buah musiman tak lain adalah pedagang buah durian. Kabupaten Sekadau yang dijuluki Bumi Lawang Kuari memiliki segudang potensi buah - buahan terutama Durian.

Jika musim tiba, harga durian dipasaran lokal selalu bervariasi sesuai ukuran buah,mulai dari 10 ribu sampai 25 ribu perbuah. Dan harga tersebut diatas masih tergolong mahal karena tidak semua berbuah. 

Jika semua membuahkan hasil, harga dipasar lokal berkisar antara 5-10 ribu saja kata Syahbandi pria paruh baya yang memiliki hobi makan durian. 

“Kalau sudah banjir buah durian nantinya paling hanya Rp 5 ribu perbuah. Walau sekarang masih mahal, tapi saya mau coba beli dua buah durian itu. Apalagi saya sangat senang makan buah durian,” ujar Syahbandi.

Sementara itu, beberapa pedagang durian Riski dan Usman saat ditemui media ini mengatakan, durian yang dijualnya berasal dari desa Semabi yang nota bene merupakan penghasil durian terbesar di Sekadau. 

"Kalau harga itu tergantung, mulai dari Rp10 ribu, Rp15 ribu, Rp20 ribu hingga Rp25 ribu perbuah, tergantung ukuran karena semakin besar, semakin mahal," ujarnya.

Hal senada juga pedagang buah durian asal Sungai Sambang Kecamatan Sekadau Hulu yang namanya tidak mau. Ia mengungkapkan, saat ini permintaan akan buah durian sudah banyak. Hanya saja kata dia, saat ini buah durian baru belum semuanya gugur.

Selain itu, modalnya juga cukup besar sehingga harga jual buah juga masih mahal. Biasanya kalau sudah banyak dijual dengan harga Rp 5 ribu, Rp15 ribu hingga Rp20 ribu saja,” jelasnya.

Ia mengatakan, banyak masyarakat Sekadau yang membeli buah durian yang ia jual. Namun ada juga orang luar Sekadau yang membeli hanya sekedar untuk makan ditempat, tapi ada juga yang membeli untuk dijual kembali katanya Sabtu (17/7) 2021 di Sekadau.

Penulis.     Tim liputan

Editor.         Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini