-->
    |

Kota-kota Tidak Siap Hadapi Gelombang Panas

Seorang anak laki-laki bermain di air mancur di taman di Washington DC, untuk mendingin tubuh di tengah cuaca panas, 28 Juni 2021.(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Sementara dunia bersiap menghadapi gelombang panas yang lebih ganas, dipicu oleh perubahan iklim pada musim panas ini, pusat-pusat kota di seluruh dunia tidak siap menghadapi bencana alam yang brutal ini.

Suhu udara di beberapa negara di Timur Tengah, termasuk Iran, Kuwait, Oman dan Uni Emirat Arab, melampaui 50 derajat Celcius musim panas ini. Juga, Moskow dan Helsinki di Finlandia, mencatat rekor suhu terpanas pada Juni.

Beberapa minggu yang lalu, gelombang panas yang memecahkan rekor melanda bagian Pasifik Barat Laut Amerika dan bagian barat Kanada, yang biasanya beriklim sedang. Suhu di sana mencapai 42 derajat Celcius atau lebih tinggi.

Negara bagian Oregon dan Washington melaporkan hampir 200 kematian terkait gelombang panas, dan Layanan Forensik British Columbia mencatat jumlah kematian mendadak lebih dari tiga kali lebih banyak daripada biasanya. Buruh di dapur, gudang, pabrik dan ladang menderita kelelahan akibat panas. Listrik padam berimbas pada ribuan orang, dan beberapa layanan transportasi umum ditutup karena infrastruktur operasi yang meleleh akibat panas.

"(Serangan panas) berbeda dari bencana ekstrem lainnya karena bergerak lambat, tidak terlihat," kata Jennifer Vanos, yang mempelajari dampak suhu panas yang ekstrem pada kesehatan manusia di Arizona State University. "Dan ketika itu tidak lazim, ketika itu belum pernah dialami, maka akan menjadi jauh lebih berbahaya."

Banyak risiko iklim global yang muncul, seperti tekanan panas, akan terkonsentrasi di daerah perkotaan, demikian menurut laporan Panel Antar pemerintah tentang Perubahan Iklim. Gelombang panas bisa menghantam keras kota-kota, antara lain karena memburuknya infrastruktur perkotaan dan kegagalan dalam menangani panas yang ekstrem.

Dengan lebih dari 50% populasi dunia tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk, para ahli memperkirakan kematian terkait panas, konsekuensi ekonomi dan kerusakan infrastruktur akan semakin menjadi keprihatinan.

Suhu di kota-kota bisa beberapa derajat lebih panas daripada lingkungan non-perkotaan. Dampak ini, yang dikenal sebagai daerah panas perkotaan, membuat penduduk kota lebih berisiko selama cuaca panas. Aspal di trotoar dan atap seng, misalnya, memberikan permukaan gelap yang memantulkan lebih sedikit cahaya dan menyerap lebih banyak panas, jelas Hashem Akbari, yang mempelajari dampak panas daerah-daerah perkotaan, di Universitas Concordia, Montreal. (VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini