-->
    |



Mantan Menhan AS Donald Rumsfeld Wafat

Mantan menteri pertahanan AS Donald Rumsfeld berbicara di hadapan para politisi dan akademisi dalam sebuah acara di Taipei, Taiwan, 11 Oktober 2011.
(Foto:VOA) 


Kapuasrayatoday.com - Donald Rumsfeld, menteri pertahanan Amerika Serikat (AS) yang menjadi arsitek utama perang Irak, wafat dalam usia 88 tahun. Rumsfeld menjabat sebagai menteri pertahanan hingga Presiden George W. Bush menggantinya saat AS tidak membuat kemajuan di Irak setelah perang berjalan selama 3,5 tahun

Lelayu itu dikabarkan oleh keluarga Rumsfeld pada Rabu (30/6).

“Dengan kesedihan mendalam kami berbagi berita meninggalnya Donald Rumsfeld, seorang negarawan Amerika, seorang suami, ayah, kakek, dan kakek buyut," menurut pernyataan itu.

“Pada usia 88 tahun dia dikelilingi oleh keluarga di Kota Taos yang dicintainya di New Mexico.”

Pernyataan itu tidak mengatakan kapan Rumsfeld meninggal. Rumsfeld yang setara dengan Menhan Robert McNamara dari era perang Vietnam, adalah orang paling kuat yang memegang pos jabatan itu. Dia memiliki karisma dan juga omong besar dalam jabatannya di Pentagon, dan memproyeksikan pendekatan macho dari pemerintahan Bush dalam urusan dunia.

Ketika Rumsfeld berkuasa, pasukan AS secara cepat menggulingkan Presiden Irak Saddami Hussein, tetapi gagal menciptakan hukum dan ketertiban setelah itu. Irak terjerumus dalam kekacauan yang disertai pemberontakan berdarah dan kekerasan di antara kelompok Suni dan Shiah. Pasukan AS bertahan di Irak sampai 2011, lama setelah dia meninggalkan jabatannya.(VOA) 

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini