-->
    |


Pejabat Irak: Bom Pinggir Jalan Tewaskan 30 Orang di Pasar Baghdad

Pasukan keamanan Irak memeriksa lokasi serangan bom di sebuah pasar di Baghdad tengah, Irak 31 Desember 2016. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Sebuah serangan bom pinggir jalan menarget pinggiran kota Baghdad, Senin (19/7), menewaskan sedikitnya 30 orang dan melukai puluhan lainnya di pasar yang ramai, kata para pejabat medis Irak.

Serangan itu terjadi di pasar Wahailat di Kota Sadr, kata militer Irak dalam sebuah pernyataan. Dua pejabat medis mengatakan sedikitnya 30 orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam ledakan dahsyat itu. Mereka berbicara dengan syarat anonim sesuai dengan peraturan.

Ledakan itu terjadi sehari sebelum hari Iduladha saat pasar ramai dengan orang yang berbelanja untuk keperluan hari raya itu.

Tumpukan barang-barang dagangan teronggok di tanah setelah ledakan. Para pemilik toko menceritakan kepada pasukan keamanan bagaimana ledakan itu terjadi saat mereka menyelamatkan barang-barang apa yang bisa mereka kumpulkan.Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas pengeboman tersebut, namun kelompok Negara Islam (ISIS) telah mengklaim serangan-serangan serupa di daerah itu sebelumnya.

Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi memerintahkan penahanan komandan resimen polisi federal yang bertanggung jawab atas keamanan area pasar, kata pernyataan militer. Dikatakan bahwa penyelidikan telah mulai dilakukan.

Ledakan bom ini adalah yang ketiga kalinya tahun ini yang menghantam pasar di lingkungan padat penduduk di Baghdad timur.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini