-->
    |

SMK Plus Desa Nusantara Selesai Magang, Siap Menciptakan Lapangan Kerja

Foto: SMK PDN Sanggau Selesai Magang Agrobisnis Peternakan Ayam Petelur Kecamatan Toba Sanggau

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-
SMK Plus Desa Nusantara Sanggau selesai magang di peternakan Ayam, berlokasi di kecamatan Toba, setelah 3 bulan magang belajar langsung cara berternak ayam yang baik, bibit yang baik serta pakan yang diberikan berkualitas tinggi tanpa diimbangi dengan manajemen yang baik dan benar, juga tidak akan memberikan hasil yang maksimal.Tutur Agung salah satu siswa SMK PDN. Jum'at (16/07/2021)

Lanjutnya dari pengalaman selama magang di peternakan ayam petelur, merupakan satu kesatuan yang sangat memengaruhi keberhasilan dalam proses cara produksi peternakan. Perusahaan peternakan ayam petelur PT.LBS yang berlokasi di Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat memiliki populasi ayam petelur sebanyak 20.000 ekor. 

PT.LBS telah menerapkan manajemen yang baik dalam kegiatan produksi perusahaan. Berdasarkan potensi, kemudahan akses ke perusahaan dan penerapan manajemen yang baik oleh perusahaan serta populasi ayam petelur yang memenuhi syarat jumlah, maka perusahaan peternakan ayam petelur PT.LBS sangat layak dijadikan sebagai tempat magang SMK. Ucapannya

SMK PDN dengan magang di lapangan dapat melihat secara langsung, bagaimana sebuah perusahaan menjalankan manajemennya. Siswa diharapkan mampu menyerap berbagai macam ilmu yang diperoleh di perusahaan tersebut dan bisa membandingkannya dengan teori yang di dapat dari bangku sekolah sehingga menjadi seorang ahli, "Serta diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk berwirausaha setelah lulus dari sekolah nanti."

Tujuan Magang dari kegiatan magang ini bisa meningkatkan pengetahuan siswa mengenai hubungan antara teori dengan penerapannya di dunia kerja lapangan serta faktor-faktor yang memengaruhinya sehingga dapat merupakan bekal bagi siswa setelah terjun di masyarakat. Ucap cecep salah satu orang tua murid 

Dalam hal meningkatkan keterampilan dan pengalaman kerja di bidang agribisnis peternakan. Juga meningkatkan wawasan siswa tentang berbagai kegiatan agribisnis peternakan. Meningkatkan hubungan antara perusahaan swasta dan masyarakat.

"Tujuan khusus dari kegiatan magang ini adalah  Melihat dan memahami secara langsung proses kegiatan manajemen pemeliharaan ayam petelur." yang dilakukan di perusahaan PT.SBL

Mengetahui segala aspek yang terkait dengan kegiatan magang yang dilakukan di perusahaan, Mengetahui jenis pakan, perkandangan, penyakit dan teknologi yang digunakan dalam manajemen pemeliharaan ayam petelur. Tuturnya

Saat di hubungi Media Agung menjelaskan Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak. 

Ayam yang terseleksi untuk tujuan produksi daging dikenal dengan ayam broiler, sedangkan untuk produksi telur dikenal dengan ayam petelur. Selain itu, seleksi juga diarahkan pada warna kulit telur hingga kemudian dikenal ayam petelur putih dan ayam petelur cokelat.

Ayam petelur yang dipelihara di indonesia pada umumnya terdapat dua jenis tipe yaitu : 1. Ayam Petelur putih Tipe ayam petelur putih ayam petelur ringan ini mempunyai badan yang ramping kurus, mungil kecil dan mata bersinar. Bulunya berwarna putih bersih dan berjengger merah. Ayam ini berasal dari galur murni white leghorn. Ayam galur ini sulit dicari, tapi ayam petelur ringan komersial banyak dijual di Indonesia dengan berbagai nama. Setiap pembibit ayam petelur di Indonesia pasti memiliki dan menjual ayam petelur putih komersial ini. Ayam ini mampu bertelur lebih dari 260 telur per tahun produksi. Sebagai petelur, tipe ayam ini memang khusus untuk bertelur saja.

2. Ayam Petelur Cokelat Bobot tubuh ayam petelur cokelat cukup berat. Beratnya ayam petelur cokelat masih berada di antara berat ayam petelur ringan dan ayam broiler. Ayam ini disebut juga tipe ayam petelur medium. Tubuh ayam ini tidak kurus, tetapi juga tidak terlihat gemuk. Telur cukup banyak dan juga menghasilkan daging yang cukup banyak. Ayam ini disebut juga dengan ayam tipe dwiguna. Ayam ini disebut ayam petelur cokelat, karena bulunya yang cokelat dan warna telurnya juga cokelat.(Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini