-->
    |

Badai Ancam Louisiana, Puluhan Ribu Mengungsi

Badai Ida bergerak di atas Kepulauan Kariibia, Kamis, 26 Agustus 2021. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Badai Ida pada Sabtu (28/8) menguat di perairan Teluk Meksiko, memicu puluhan ribu orang untuk meninggalkan wilayah pantai, sementara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjanjikan bantuan untuk membantu beberapa negara bagian pulih dari dampak badai.

Para peramal cuaca mengatakan Badai Ida bisa melanda daratan AS pada Minggu (29/8) sebagai badai Kategori 4 yang "sangat berbahaya." Badai itu membawa angin berkecepatan hingga 225 kilometer per jam, hujan lebat dan gelombang pasang yang bisa merendam garis pantai Louisiana.

Pusat Badai Nasional mengatakan, pada Sabtu (28/8) siang, Ida berada di sekitar 386 km sebelah tenggara mulut Sungai Mississippi River, membawa angin berkecapatan 169 km per jam dan bergerak ke arah pantai Louisiana.

"Kami mengkhawatirkan perkembangan berbahaya ini sesaat sebelum melanda daratan," kata Jim Foerster, kepala meteorologi DTN, yang menyediakan anjuran terkait cuaca kepada perusahaan-perusahaan minyak dan transportasi.

Para pejabat memerintahkan evakuasi besar-besaran di wilayah yang rendah dan sekitar pantai. Akibatnya jalan-jalan raya macet dan berbagai pom bensin kehabisan BBM.(VOA)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini