-->
    |

Desember Puskesmas ODGJ Selalong Siap Difungsikan

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron, SH melakukan peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Selalong,Kamis (26/8) 2021 siang.

Dalam sambutannya sebelum peletakan batu pertama mantan anggota DPRD Provinsi Kalimantan barat ini mengatakan, agar semua pihak ikut mengawasi setiap pekerjaan yang mengunakan uang negara, termasuk lah pembangunan Puskesmas Selalong kata Aron.

"Saya minta supaya kepala dinas untuk monitor kegiatan ini,agar pekerjaan tersebut selesai tepat waktu" kata Aron.

Lebih lanjut bupati mengatakan, bahwa rencananya pemerintah daerah akan mengusulkan, supaya puskesmas Selalong dijadikan rumah sakit khusus untuk menanggani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Tujuan agar Sekadau bisa menjadi pusat rumah sakit jiwa di wilayah timur Kalbar.

"Nanti waktu Pileg, Pilkada,Pilkades bisa dipakai untuk memeriksakan kejiwaan tidak perlu jauh-jauh, bagi beberapa kabupaten seperti,Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu dan Melawi, cukup ke Sekadau saja, bisa lebih hemat biaya," kata bupati.

Saat ini kita sedang melobi pemerintah pusat, melalui beberapa anggota DPR RI, agar usulan pembangunan yang di butuhkan bisa terakomodir, tujuannya hanya satu yakni agar Sekadau bisa maju dan berkembang sesuai harapan bersama.

Untuk saat sekarang kata dia lagi, pemerintah daerah sedang fokus melakukan kegiatan vaksinasi bagi warga, tujuannya setelah semua warga di vaksin sehingga kemungkinan terpapar sangat kecil, artinya kita bisa beraktifitas seperti biasa, tanpa ada rasa takut, namun tetap saja dengan Prokes tegas Aron.

"Kalau sudah begitu, virus Corona tidak lagi menjadi pandemi, akan tetapi sudah menjadi endemi, inilah tujuan dilakukannya vaksin," kata bupati.

Sementara itu, Plt kepala dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

Henry Alpius dalam sambutannya mengatakan, bahwa pembangunan Puskesmas Selalong adalah berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik.

Kalau kita melihat dari gambar Taif dari Kementerian Kesehatan master plan dari puskesmas Selalong ini adalah bangunan dengan tipe sangat modern.

"Artinya, gaya bangunan yang akan dibangun ini sesuai dengan zaman sekarang, sudah sangat modern, kita patut berbangga," kata Henry.

Tujuannya, apabila rumah sakit saja sudah baik, ketika pasien datang berobat dia sudah bisa sembuh karena senang dan betah melihat bangunan yang bagus dan indah. Inilah tujuannya.

Untuk diketahui lanjut Henry, bahwa masa pembangunan Puskesmas ini adalah 130 hari kalender, artinya bulan Desember sudah selesai, dan bisa langsung diresmikan oleh bupati pengunaan nya, tutupnya.

Hadir pada acara tersebut, bupati Sekadau Aron, ketua TP PKK Nyonya Magdalena Susilawati Aron SP. Anggota DPRD Jefray Raja Tugam Kadis Pol PP, Kalak BPBD, Kadis Kesehatan, Kadis Pora dan Pariwisata, Kadis Perizinan, Danramil Sekadau hilir, Kapolsek sekadau hilir Camat Sekadau hilir, kabag hukum, Kabag Ekonomi, kepala Puskesmas Selalong, dan kades Selalong.(Tim/red) 

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini