-->
    |


IWO Landak Sesalkan Adanya Oknum Mengaku Wartawan Peras Warga

Logo Ikatan Wartawan Online (foto:SuaraLandak)

Kapuasrayatoday.com - Pengurus Ikatan Wartawan  (IWO) Kabupaten Landak sesalkan adanya oknum yang tidak bertanggungjawab mengatasnamakan wartawan dan meminta sejumlah uang kepada warga.

Hal ini diketahui saat salah satu keluarga dari warga yang diperas, menghubungi salah satu wartawan anggota IWO, mempertanyakan kebenaran akan oknum wartawan tersebut dengan nama yang tidak dikenal sebagai wartawan yang bertugas di Kabupaten Landak, Minggu (15/8/2021).

"Sudah barang tentu apa yang dilakukan oleh oknum yang mengaku wartawan dan memeras warga dengan meminta sejumlah uang tersebut bukanlah wartawan dan dipastikan bukan wartawan yang menjadi anggota IWO, karena para jurnalis yang tergabung dalam IWO Landak, memahami betul Tugas dan fungsi sebagai Wartawan sesuai dengan UU Pers No 40 tahun 1999. Serta bekerja dengan Kode Etik Wartawan, yang mana melarang wartawan menerima materi saat bertugas, apalagi memeras," ujar Ketua IWO Landak, L. Sahat Tinambunan.

Dijelaskan oleh ketua IWO Landak, bahwa para wartawan yang bertugas di Landak saat ini semuanya telah bergabung sebagai anggota IWO, diantaranya Majalahmataborneonews.com, Suarakalbar.co.id, Tribunpontianak.co.id, Pontianakpost.co.id, Wartalandak.net, Suaraindo.id, Suaraborneo.id, Suaralandak.co.id, Tangkalnews.com, Tariunews.com, Sorotpos.id, Landaknews.id dan Strategi.co.

"Kami selaku organisasi profesi sebagai jurnalis, mengharapkan kepada warga jika mengalami hal serupa yaitu diperas maupun mengalami hal yang tidak menyenangkan yang dilakukan oleh oknum wartawan atau mengaku wartawan untuk memberitahukan kepada wartawan yang telah dikenal atau bisa langsung lapor ke pihak yang berwajib," tegas Sahat.(SuaraLandak)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini