-->
    |

Jelang Pengunduran Diri, Gubernur New York Cuomo Sampaikan Pidato Perpisahan

Gubernur New York Andrew Cuomo berbicara dalam konferensi pers, di New York, AS, 10 Mei 2021. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Andrew Cuomo menyampaikan pidato perpisahannya kepada warga New York, Senin (23/8) siang, beberapa jam sebelum masa jabatannya selama satu dekade sebagai gubernur berakhir.

Cuomo dijadwalkan akan menyerahkan kursi gubernur pada Lt. Gov. Kathy Hochul pada Senin (23/8) tengah malam, yang akan kembali menjadi terobosan bagi perempuan di dunia politik.

Dalam pidato perpisahan yang telah direkam sebelumnya, Cuomo mengatakan “ada saat-saat dalam kehidupan yang menguji karakter kita, yang menanyakan pada kita, apakah kita orang yang kita yakini, atau kita adalah orang yang berupaya untuk menjadi yang terbaik?”Menyebut dirinya sebagai “seorang pejuang,” gubernur itu mengatakan “saat ini... memperpanjang situasi (munculnya gugatan hukum atas dugaan pelecehan seksual dari sedikitnya 11 perempuan.red) hanya akan menimbulkan kelumpuhan pemerintahan dan itu bukan pilihan bagi kita, bukan pilihan bagi negara, terutama sekarang.”

Cuomo berterima kasih kepada tim-nya, keluarga dan warga kota New York atas “kehormatan menjabat sebagai gubernur.”

Bukti Kredibel Pelecehan Seksual

Pengunduran diri Cuomo terjadi setelah penyelidikan independen yang diawasi Jaksa Agung New York Letitia James menyimpulkan bahwa ada bukti-bukti kredibel Cuomo telah melecehkan secara seksual sedikitnya 11 perempuan, termasuk seorang pembantu dekat. Sang pembantu mengatakan Cuomo telah meraba-raba payudaranya, dan sejak itu mengajukan keluhan ke Kantor Sherrif Albany.

Tim penyelidik juga mengatakan seorang staf senior Cuomo membalas keluhan sedikitnya satu perempuan itu dan berupaya merusak kredibilitas perempuan-perempuan lain.

Cuomo bersikeras ia tidak pernah menyentuh siapa pun secara tidak pantas. Dalam pidato pengunduran dirinya 10 Agustus, Cuomo menyebut tuduhan itu “tidak adil” dan “tidak benar,” tetapi mengatakan ia tidak akan memaksa negara untuk melangsungkan sidang pemakzulan yang tidak dapat dimenangkannya.

Cuomo Juga Diselidiki dalam 2 Kasus Lain

Secara terpisah Cuomo juga menghadapi penyelidikan legislatif tentang apakah ia telah menyesatkan publik soal kematian akibat pandemi virus corona di panti-panti jompo untuk melindungi reputasinya sebagai pemimpin operasi penanganan COVID-19. Juga soal apakah ia secara tidak pantas telah mendapat bantuan dari beberapa pegawai negeri sipil untuk menulis buku tentang penanganan COVID-19 yang mungkin akan memberinya keuntungan $5 juta.

Cuomo, seorang Demokrat, akan mengakhiri masa jabatannya pada pukul 23.59 waktu setempat– hanya dua minggu setelah ia mengumumkan akan mengundurkan diri daripada menghadapi kemungkinan sidang pemakzulan atas tuduhan pelecehan seksual.

Cuomo mengatakan ia yakin Hochul “akan dapat mengatasi tantangan” menjadi gubernur negara bagian New York.

Hochul dijadwalkan dilantik sebagai perempuan pertama yang menjadi gubernur New York tepat setelah tengah malam, dalam sebuah upacara pribadi yang diawasi Janet DiFiore, hakim kepala negara bagian itu.(VOA)







Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini