-->
    |

Pemerintah Venezuela dan Oposisi Mulai Pembicaraan di Meksiko

Jorge Rodriguez, kandidat terpilih dari Partai Persatuan Sosialis Venezuela (PSUV), berfoto di sebelah Didalco Bolivar setelah upacara pengambilan sumpah jabatan baru Majelis Nasional Venezuela, di Caracas, Venezuela, 5 Januari 2021. (Foto: VOA)


Kapuasrayatoday.com -Pejabat pemerintah Venezuela dan anggota oposisi negara itu sepakat, Jumat (13/8), untuk memulai dialog baru satu sama lain.

Jorge Rodriguez, yang mengepalai Majelis Nasional Venezuela, dan Gerardo Blyde, wakil dari Venezuelan United Platform, menandatangani perjanjian di Mexico City

Berdasarkan perjanjian tersebut, Norwegia akan menengahi dialog, yang bertujuan untuk menyelesaikan konfrontasi selama bertahun-tahun dan menemukan solusi dari krisis politik dan ekonomi yang diderita negara Amerika Selatan itu.

Pembicaraan sebelumnya di Republik Dominika tahun 2018 dan Barbados pada tahun berikutnya gagal menyelesaikan perselisihan yang berpusat pada Presiden Nicolas Maduro dan Juan Guaido, pemimpin oposisi yang dianggap sebagai presiden oleh sekitar 60 negara.

Keduanya tidak menghadiri upacara peresmian di Museum Nasional Antropologi Mexico City secara langsung.

Kedua pihak dijadwalkan akan bertemu lagi pada 30 Agustus 2021 untuk membahas agenda berisikan tujuh poin, tidak termasuk kepergian Maduro, yang dituduh pihak oposisi telah dipilih kembali dengan curang pada tahun 2018.

Ada kemungkinan pelonggaran sanksi tertentu dan kemajuan pada isu-isu seperti tahanan politik. Akan tetapi Maduro tidak berada di penghujung atau meninggalkan kekuasaan, kata Luis Vicente Leon, direktur lembaga survei Datanalisis, Venezuela.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini