-->
    |

Salah Seorang Pendiri Kool & the Gang Wafat dalam Usia 70

Grup musik "Kool & the Gang", Ronald Bell, Robert "Kool" Bell, Dennis Thomas dan George Brown (kiri) berpose setelah memperkenalkan bintang mereka di Hollywood Walk of Fame di Los Angeles, California, 8 Oktober 2015. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Dennis “Dee Tee” Thomas, salah seorang pendiri band soul-funk Kool & the Gang yang terkenal dengan lagu-lagu hit, seperti “Celebration” dan “Get Down On It,” meninggal dunia di usia 70 tahun.

Dia meninggal dengan tenang dalam tidurnya Sabtu (7/8) di New Jersey, di mana dia menjadi penduduk Montclair, menurut sebuah pernyataan dari perwakilannya.

Thomas adalah pemain alto sax (saksofon alto), pemain suling dan pemain perkusi. Dia menjabat sebagai pembawa acara dalam pentas-pentas band itu. Penampilan terakhirnya dengan grup itu pada 4 Juli lalu di Hollywood Bowl di Los Angeles.

Lahir 9 Februari 1951, di Orlando, Florida, Thomas dikenal karena prolognya pada hit band tahun 1971, “Who's Gonna Take the Weight.” Dikenal karena pakaian dan topinya yang trendi, dia juga menjadi penata busana grup. Pada masa-masa awal, dia menjabat sebagai “pengelola keuangan yang ketat” grup. Thomas menyimpan uang hasil pentas ke dalam kantong kertas yang dimasukkannya ke dalam bell saksofonnya, kata pernyataan itu.Pada tahun 1964, tujuh remaja menciptakan jenis musik yang merupakan perpaduan unik antara jazz, soul, dan funk, dan pada awalnya menyebut diri mereka Jazziacs. Mereka mencoba beberapa nama sebelum akhirnya mantap dengan Kool & the Gang pada tahun 1969. Pendiri grup lainnya adalah kakak beradik Ronald dan Robert Bell, dan Spike Mickens, Ricky Westfield, George Brown dan Charles Smith.

Mengenai musiknya, Dennis Thomas pernah mengatakan: “Kami merasa sangat terberkati bahwa musik kami menyentuh hati dan jiwa banyak orang, dan membuat Anda menari serta mencoba membuat Anda bahagia di planet ini.”

Band ini telah menerima dua Hadiah Grammy dan tujuh penghargaan American Music. Mereka mendapat penghormatan pada tahun 2014 dengan Soul Train Lifetime Achievement Award. Karya mereka banyak dijadikan contoh dan dimainkan untuk berbagai soundtrack film, termasuk untuk “Rocky,” “Saturday Night Fever”" dan “"Pulp Fiction.”(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini