-->
    |


AS Genjot Rencana untuk Usir Migran Haiti dari Texas

Jembatan perlintasan internasional di Del Rio, Texas, di mana ribuan migran Haiti membuat tempat pengungsian di bawah jembatan itu tampak masih ditutup, Sabtu, 18 September 2021.(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Pemerintahan Biden hampir menyelesaikan rencana untuk mengusir ribuan migran Haiti yang telah menyeberang ke Texas dari Meksiko, dan akan menerbangkan mereka ke negara asal.

Langkah itu mencerminkan respons yang tegas pemerintah atas krisis itu. Seorang sheriff setempat pada Jumat (17/9) memperkirakan bahwa kumpulan migran yang berkumpul di bawah dan sekitar sebuah jembatan di del Rio, jumlahnya membengkak hingga 13.700 orang.

Lalu lintas ditutup di kedua arah di penyeberangan Del Rio ke Cuidad, Acuna, Meksiko.

Jumlah penerbangan akan bergantung pada kapasitas operasional dan kesediaan Haiti. Namun, seorang pejabat AS mengatakan kemungkinan ada lima hingga delapan kali dalam satu hari, mulai Minggu (19/9).

Warga Haiti telah bermigrasi ke AS dalam jumlah besar dari Amerika Selatan selama beberapa tahun. Banyak di antara mereka meninggalkan negara Karibia itu setelah gempa menghancurkan pada 2010. (VOA)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini