-->
    |


Tingkatkan Produktifitas Petani Swadaya, PT.Agro Andalan Lakukan Pembinaan Kelompok Tani Piansak Mandiri


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dalam rangka meningkatkan produksi tandan buah segar (TBS) petani swadaya diwilayah kerjanya, PT.Agro Andalan melakukan pembinaan kepada kelompok tani Piansak Mandiri pada Kamis (16/9) 2021 di Setawar.

Ketua kelompok tani Piansak Mandiri Nasarius SE menyampaikan bahwa anggota kelompok tani Piansak Mandiri sebanyak 40 petani. Untuk itu pertemuan ini semgaja dilakukan dikebun milik anggota  kelompok agar petani bisa memahami perawatan kebun yang baik, cara panen yang benar serta mengatasi hama dan penyakit kelapa sawit kata Nasarius.

Dalam pertemuan tersebut, pihak PT.Agro Andalan mengikutsertakan Manager CSR, manager Pabrik dan Asisten kepala perkebunan.

Pada kesempatan tersebut, PT.Agro Andalan melalui Asisten Kepala Dani Hambali memberikan pemaham mengenai GAP mulai dari pemilihan benih, perawatan kebun serta cara mengatasi Hama dan Penyakit kelapa sawit.

Sementara Manager Pabrik Suprialdi menjelaskan, untuk menjaga mutu rendement Crue Paml Oil (CPO) buah yang bisa di panen adalah buah yang sudah matang dengan kriteria minimal 5 butir brondolan sudah gugur.

Manager CSR Sahaludin dalam sambutanya mengapresiasi kelompok tani Piansak Mandiri. Ia menjelaskan kelompok tani Piansak Mandiri merupakan mitra perusahaan dan pemasok TBS ke pabrik perusahaan sehinga pembinaan seperti ini meripakan salah satu kewajiban perusahaan dan ini sangat baik kata Sahal.

Sementara itu ketua Serikat Petani Kelapa Sawit kabupaten Sekadau melalui ketua bidang Hukum dan Organisasi Sudarno mengaprisiasi PT.Agro Andalan atas pertemuan ini.

Dia mengatakan, SPKS sudah melakukan pendampingan terhadap kelompok tani Piansak Mandiri sejak 2017 dengan melakukan pelatihan GAP. Dan saat ini, SPKS sudah melakukan kegiatan berupa pendataan dan pemetaan kebun petani swadaya.



Selain itu SPKS juga mendorong kelompok tani Piansak Mandiri untuk melakukan kerjasama dengan PT.Agro Andalan dalam penjualan TBS.

Sebagai impormasi status kelompok tani Piansak Mandiri akan ditingkatkan menjadi Kopbun Piansak Mandiri.

Petani juga diberikan kesempatan untuk berdialog secara terbuka.

Penulis.   Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini