|



Diplomat Senior AS Melawat ke Pakistan


Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman(Foto:VOA)


Kapuasrayatoday.com - Perkembangan situasi di Afghanistan yang kini dikuasai Taliban tampaknya akan mendominasi pembicaraan antara Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Wendy Sherman dan pejabat-pejabat senior Pakistan dalam lawatan diplomat tinggi itu ke Islamabad pekan ini.

Sherman, yang dijadwalkan tiba Kamis malam (7/10), adalah diplomat Amerika yang paling senior yang berkunjung ke negara itu sejak pemerintahan Presiden Joe Biden berkuasa 20 Januari lalu.Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Asim Iftikhar mengatakan “saling tukar pandangan itu akan mencakup isu-isu yang merupakan kepentingan bersama, termasuk hubungan bilateral dan situasi di kawasan” dalam pertemuan dengan delegasi Amerika.

“Kami berharap dapat memperkuat kembali hubungan Amerika-Pakistan yang seimbang, dalam kerjasama yang saling menguntungkan di semua bidang, termasuk keamanan, perdagangan, investasi, energi dan konektivitas kawasan,” ujar Iftikhar dalan konperensi pers mingguan.

Hubungan Pakistan-Amerika yang umumnya kurang baik, kembali berada di bawah tekanan setelah pengambilalihan Taliban atas Afghanistan pada 15 Agustus lalu. Ketegangan berakar pada tuduhan sejak lama bahwa Pakistan memiliki hubungan erat dan diam-diam mendukung Taliban, ketika kelompok gerilyawan itu memerangi pemerintah Afghanistan yang diduukng Amerika selama hampir 20 tahun. Pakistan membantah tuduhan itu.

Akhir bulan lalu 22 senator faksi Republik memperkenalkan RUU untuk menjatuhkan sanksi tegas pada Taliban dan semua pemerintahan Asing yang mendukung kelompok garis keras itu. RUU itu juga meminta masukan resmi dari Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken tentang kajiannya atas peran yang dimainkan Pakistan dalam mendukung kembalinya Taliban ke kekuasaannya di Kabul.(VOA)





Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini