-->
    |


Jalan Penghubung Timpuk -Tigur Jaya Terputus Akibat Banjir, Dewan Minta Dinas Terkait Tangulangi


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Tingginya curah hujan dalam dua hari terakhir membuat beberapa desa mengalami banjir bandang. Dan salah satu yang terdampak banjir adalah  terputusnya ruas jalan desa Timpuk  menuju dusun Tigur Jaya.

Putusnya ruas jalan tersebut mengakibatkan arus lalulintas angkutan orang dan barang untuk warga sekitar menjadi lumpuh total.

Untuk mengatasi permasalahan yang kerap terjadi ini, Anggota Komisi II DPRD Sekadau Ari Kurniawan Wiro pada Selasa (19/10) 2021 meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas teknis maupun Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk dapat mengambil langkah cepat mengingat kondisi ini sangat mendesak kata Ari.

Ari menambahkan, ruas jalan Timpuk - Tigur Jaya sudah sering di ajukan peningkatannya baik melalui proposal maupun memalui Musrenbang di tingkat desa sampai ditingkat kabupaten. Namun sampai saat ini belum pernah terealisasi dan jika pemkab belum memiliki dana untuk peningkatan jalan tersebut, Ari berharap pemkab dapat melakukan koordinasi dengan perusahaan perkebunan di wilayah setempat, sebab selain sebagai akses masyarakat jalan tersebut juga merupakan akses utama perusahaan ungkap Ari Kurniawan Wiro.

Untuk peningkatan jalan tersebut, masyarakat sering mengajukan ke pemerintah daerah. Selain ke perintah, masyarakat juga sering meminta bantuan kepada perusahaan perkebunan di wilayah desa Timpuk untuk melakukan perbaikan namun perbaikan hanya dilakukan dengan cara membuang lumpur yang ada. Dan cara seperti itu hanya membuat pondasi jalan semakin dalam, sementara kondisi di tempat tersebut dataran rendah sehingga terkesan asal - asalan "yang dibutuhkan itu tutur Ari bukan pengerokan melainkan penimbunan tutur Ari kesal.

Dia berharap kedepannya jika melakukan peningkatan ruas jalan tersebut baik mengunakan DAK maupun DAU harus dilakukan secara maksimal dengan menyesuikan kondisi setempat kata Ari Kurniawan Wiro.

Penulis.      Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini