|



Jerman Pilih Ketua Parlemen Baru, Merkel Mundur dari Kanselir

Angela Merkel resmi mengakhiri jabatannya selama 16 tahun sebagai Kanselir Jerman Selasa 26/10 (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Untuk pertama kali sejak pemilu bulan lalu, Bundestag, majelis rendah parlemen Jerman, bertemu hari Selasa (26/10) dan memilih ketua baru dari partai Sosial Demokrat (SPD) kiri-tengah. Baerbel Bas menang untuk memimpin badan dengan 736 anggota itu.

Bas, 53, dari Duisburg, Jerman barat, menjadi anggota Bundestag sejak 2009. Dia menjabat wakil ketua kelompok parlemen SPD dalam parlemen terakhir, sekaligus juru bicaranya untuk kesehatan, pendidikan dan penelitian.

Setelah menang, mengingat keragaman parlemen baru, Bas mendesak sesama anggota parlemen agar “menjangkau banyak orang di negara ini, terutama mereka yang sudah lama merasa tidak dipedulikan oleh politik.”Kanselir Jerman Angela Merkel menghadiri pertemuan itu. Karena bukan lagi anggota parlemen, ia menyaksikan dari galeri pengunjung. Merkel menjabat sebagai kanselir Jerman selama 16 tahun terakhir.

Juga pada Selasa, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dijadwalkan secara resmi memberhentikan Merkel dan kabinetnya, meskipun mereka akan diminta tetap di sana dalam kapasitas sementara sampai pemerintahan baru terbentuk.

SPD memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan parlemen, tetapi gagal memenangkan mayoritas. Partai itu bekerja sama dengan Partai Hijau yang peduli lingkungan dan Demokrat Bebas yang pro-bisnis untuk membentuk pemerintahan baru.(VOA)




Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini