-->
    |


Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 kunjungi Latihan Ecoprint Kote Singkawang

 


Singkawang,Kapuasrayatoday.com -  Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 ibu Rissa Ronny yang didampingi para pengurus Persit KCK Koorcab Rem 121 kunjungi Latihan Ecoprint Kote Singkawang dari anggota Persit KCK Cab XLVI Dim 1202/Skw, bertempat di lapangan tenis Kodim 1202/Skw, Selasa,26/11/21.

Ada beragam cara untuk membuat motif pada kain, salah satunya dengan teknik ecoprint yang memanfaatkan bahan dari alam sekitar. Ecoprint adalah teknik memberi warna dan corak (motif) pada kain, kulit atau bahan lainnya dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami yang umum digunakan dalam ecoprint berasal dari tanaman yang meliputi beragam jenis daun, bunga, kayu, atau bagian tanaman lainnya yang memiliki corak dan warna yang khas.

Ecoprint menghasilkan warna dan corak pada kain yang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Warna dan corak ini sesuai dengan warna dan corak bahan alami yang digunakan. Meski menggunakan jenis bahan alami yang sama, satu produk dengan produk lainnya yang dihasilkan dari teknik ecoprint tidak akan sama. Inilah yang membuat produk ecoprint menjadi eksklusif dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 di wilayah Kodim 1202/Skw. Saat meninjau Latihan ecoprint hasil dari karya ibu ibu Persit Kodim 1202/Skw, ibu Rissa merasa bangga dan apresiasi atas usaha yang dilakukan oleh para anggota Persit Kodim 1202/Singkawang.

"Saya merasa bangga dan juga apresiasi atas upaya yang dilakukan para anggota Persit. Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya," ungkapnya.

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 juga mengatakan," Ecoprint menjadi peluang usaha yang menarik untuk dikembangkan di Indonesia. Ketersediaan sumber bahan pewarna dan motif alam yang melimpah, menjadi potensi yang layak untuk digarap. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dari lingkungan sekitar, pembuatan ecoprint terbilang minim modal, tetapi menghasilkan produk dengan nilai jual tinggi.

Ecoprint memiliki nilai ekonomi dan nilai seni yang tinggi. Dengan adanya pelatihan ini juga dimaksudkan sebagai salah satu alternatif untuk menambah nilai ekonomi keluarga, karena keterampilan ini juga mampu dikembangkan secara baik dan profesional. Selain itu sebagai upaya mengembangkan kreativitas diri setiap anggota Persit, agar kedepan pengetahuan dan keterampilan bertambah,” jelasnya.

Ibu Rissa Ronny berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan ibu-ibu dalam membuat pola maupun pewarnaan pada kain, mengingat Ecoprint selain hemat dan efesien, juga sangat ramah lingkungan. Sehingga nantinya mampu meningkatkan kualitas hidup serta mengembangkan segala potensi dan kemampuannya,” harapnya.

Acara ini dilanjutkan dengan praktek ecoprint oleh ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 dan para pengurus Persit KCK Koorcab Rem 121 serta anggota Persit KCK Cab XLVI Dim 1202/Skw


Sumber     : Penrem121/Abw

Editor.       : Redaksi

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini