|



Pakistan Buka Rute Udara untuk Fasilitasi Perdagangan Afghanistan


Sejumlah pesawat terparkir di tarmac Bandara Internasional Islamabad, Pakistan, 8 Mei 2018. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Untuk pertama kalinya, Pakistan telah membuka rute perdagangan udaranya untuk kargo komersial dengan tujuan Afghanistan, untuk membantu pemerintah Taliban mengatasi krisis ekonomi yang semakin memburuk.

“Bandara Internasional Islamabad kini dibuka bagi perdagangan transit Afghanistan yang bernilai tinggi," kata Mohammad Sadiq, perwakilan khusus Pakistan bagi Afghanistan, dalam cuitan di Twitter, Sabtu (16/10).

Sadiq mengatakan sebuah pesawat carteran membawa "beragam bantuan" ke Islamabad pada Jumat (15/10) dan kargo transit Afghanistan kemudian dimasukkan ke dalam kontainer sebelum diangkut lewat jalan darat ke Kabul melalui penyeberangan Torkham di perbatasan Afghanistan.

“Saya mengucapkan selamat kepada Bea Cukai Pakistan yang telah merancang transfer kargo internasional pertama dari pesawat ke truk lewat Pakistan. Ini menunjukkan komitmen Pakistan terhadap kebijakan asing yang mengedepankan geo-politik," tulis utusan itu.

Dalam cuitan selanjutnya, Sadiq juga menepis laporan yang menuduh bahwa truk-truk yang mengangkut ekspor Afghanistan ke Pakistan, kebanyakan buah-buahan segar, dilarang menyeberang perbatasan oleh otoritas Pakistan. Ia menyebut tuduhan itu sebagai propaganda.(VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini