-->
    |


Tersandung Penyelidikan Korupsi, Kanselir Austria Kurz Mundur

Kanselir Austria Sebastian Kurz, yang dalam penyelidikan kasus korupsi, bersiap memberikan pernyataan di Wina, 9 Oktober 2021.(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Kanselir konservatif Austria Sebastian Kurz mengundurkan diri pada Sabtu (9/10) untuk menyelamatkan pemerintahan koalisinya dari kehancuran setelah partai junior mendesak dirinya mundur di tengah penyelidikan atas dugaan korupsi.

Langkah Kurz, yang membantah segala kesalahan, memuaskan mitra koalisinya, Partai Hijau. Pengunduran dirinya terjadi tiga hari sebelum sesi khusus parlemen yang bersiap untuk mendukung mosi tidak percaya yang akan mencopotnya.

Namun, dia berencana tetap menjabat sebagai pemimpin partai dan menjadi anggota parlemen. Dan ia kemungkinan akan terus menjadi penggerak koalisinya.

"Saya ingin mengambil langkah untuk mengakhiri kebuntuan, mencegah kekacauan dan menjamin stabilitas," kata Kurz dalam pernyataan kepada media.

Dia menambahkan bahwa dia mencalonkan Menteri Luar Negeri Alexander Schallenberg, seorang diplomat karier yang didukung partai Kurz, untuk mengambil alih sebagai kanselir. Partai Hijau telah menanggapinya dengan positif.

"Saya yakin ini langkah yang benar bagi pemerintahan masa depan," kata pemimpin Partai Hijau dan Wakil Kanselir Werner Kogler dalam pernyataan. Dia menambahkan bahwa dia telah menjalankan hubungan kerja yang "sangat konstruktif" dengan Schallenberg dan akan menemuinya pada Minggu (10/10)(Foto:VOA)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini