-->
    |

BIN Kalbar Salurkan 1.000 Paket Sembako Di Sintang

 


Sintang,Kapuasrayatoday.com – Hampir empat pekan banjir masih merendam ribuan rumah di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Bantuan untuk korban banjir terus berdatangan. Salah satunya, bantuan 1000 paket sembako dari Badan Intelijen Nasional (BIN) telah disalurkan sejak Jumat (19/11) 2021.

Penyaluran ribuan paket sembako menyasar korban banjir di Sungai Mali, Kecamatan Dedai dan Kelurahan Mengkurai, Mekar Jaya, Ulak Jaya dengan menggandeng Batalyon Infanteri 642/Kapuas. Dengan menggunakan speed boot, prajurit TNI memberikan bantuan secara langsung kepada korban banjir.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kalbar, Brigjen Pol Rudy Tranggono menjelaskan, 1000 paket sembako itu merupakan bantuan dari Kepala BIN yang penyalurannya melalui Binda Kalbar.

“Untuk tahap awal ini BIN menyalurkan bantuan sebanyak 1000 paket sembako bagi korban banjir di Sintang,” jelas Kabinda.  

Kabinda mengatakan, proses penyaluran bantuan 1000 paket sembako itu dilakukan oleh Tim Binda Kalbar bekerjasama dengan Yonif 642/Kapuas. Mereka turun langsung ke lokasi-lokasi banjir untuk melihat kondisi korban sekaligus menyalurkan bantuan.

“Penyaluran bantuan dilakukan dengan cepat dan tepat. Sasaran utamanya korban banjir yang belum mendapatkan bantuan. Kita prioritaskan daerah yang belum tersentuh bantuan,” tegasnya.

Selain bantuan, Kabinda mengatakan, pihaknya juga mendirikan posko bencana di halaman Kompi Ban. Keberadaan posko tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat korban banjir di Kabupaten Sintang.

“Kita juga telah mendirikan posko bencana. Posko ini akan digunakan untuk penyaluran bantuan dan penanganan korban dilapangan,” tuturnya.

Sementara itu, Danyonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa memastikan kesiapan dan kesigapan pasukannya dalam menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Sintang. Bantuan disalurkan langsung kepada korban banjir di wilayah tersebut.

“Penyaluran bantuan dari BIN melalui Kabinda Kalbar, merupakan amanah yang harus diemban dengan baik. Karena itu,  Yonif 642/Kps melaksanakan pendistribusian secara cepat dan tepat. Karena, korban banjir sangat membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup ditengah situasi bencana,” pungkasnya (tim/red)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini