-->
    |

FKUB Sanggau Gelar Dialog Bersama Ormas Menjaga Harmonisasi Dan Kebhinekaan

 


SANGGAU,Kapuasrayatoday.com – Guna terus menjaga harmonisasi dan kebhinekaan antar anak bangsa, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sanggau menggelar dialog dan silaturahmi ormas keagamaan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau, Jumat (12/11/2021). 

Kegiatan dialog dan silaturahmi ini mengangkat tema "Menjaga Harmonisasi Umat dan Merawat Kebhinekaan untuk Kabupaten Sanggau yang Damai". 

Ketua FKUB Kabupaten Sanggau Pdt. Suyono Asun mengatakan, kegiatan ini diikuti Dewan Dakwah, Bamag, PCNU, IKBM, Pemuda Oikumene, Muslimat NU Aisyiyah dan DAD. 

"Tujuan kegiatan ini hanya satu, yaitu supaya Sanggau tetap harmonis, tetap aman dan damai serta toleransi dapat ditingkatkan. Supaya Sanggau ini menjadi rumah kita bersama, sehingga seluruh umat beragama dapat melaksanakan seluruh perintah agamanya dengan baik, tenang dan damai," ujarnya.

Dengan hadirnya ormas keagamaan yang ada di Kabupaten Sanggau, Suyono bilang, diharapkan selalu berkolaborasi untuk menciptakan Sanggau yang harmonis, rukun dan damai. "Sanggau ini kita jaga dan rawat bersama," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada FKUB Kabupaten Sanggau. 

Ia menyebut, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama FKUB dan Pemkab Sanggau. "Ini salah satu wujud pembinaan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Sanggau," ucap Antonius. 

Pembinaan kehidupan umat beragama ini, kata dia, sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah sehingga kegiatan seperti ini akan terus didukung. "Pemkab Sanggau melalui Kesbangpol akan mensupport upaya-upaya mewujudkan harmonisasi umat," tegas Antonius. 

Di akhir kegiatan, seluruh peserta membacakan deklarasi dan pernyataan sikap yang disaksikan FKUB, Kemenag, Badan Kesbangpol dan pihak kepolisian. Pernyataan sikap itu ditandatangani unsur DAD, Dewan Dakwah, Bamag, PCNU, IKBM, Pemuda Oikumene, Muslimat NU dan Aisyiyah. 

Dalam pernyataan sikapnya, para pengurus ormas dan tokoh agama berkomitmen menjaga keharmonisan dan kerukunan umat beragama serta menolak faham radikalisme maupun intoleransi di wilayah Kabupaten Sanggau. 

Kemudian menjunjung tinggi rasa toleransi dan keberagaman umat untuk Kabupaten Sanggau tertib, aman dan damai. Menolak pemberitaan hoaks serta mengutuk keras bagi oknum yang ingin melakukan perpecahan umat.

Jika terdapat permasalahan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama, maka sepakat untuk menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum yang berlaku. (tim liputan).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini