-->
    |

Inilah 10 Cara Alami Membasmi Tungau di Kasur

https://www.honestdocs.id/


Tungau adalah salah satu makhluk kecil yang mengganggu dan kerap kali hinggap di tempat tidur yang jarang dibersihkan. Keberadaannya bisa menyebabkan masalah pada pernapasan dan kulit menjadi gatal. Untuk menghindarinya tentu Anda harus tahu dan paham tentang cara menghilangkan tungau kasur yang tepat.

Adanya tungau yang berada di kasur dalam jangka waktu lama dan tidak segera diatasi dapat menyebabkan rasa gatal dan menimbulkan ruam perih. Oleh karena itu, tungau kasur sebaiknya harus segera dibasmi agar tidak menimbulkan masalah gatal-gatal yang lebih serius.

Inilah Cara Menghilangkan Tungau Kasur dengan Bahan Alami

Untuk membasmi tungau kasur dapat menggunakan bahan alami atau obat kimia yang khusus digunakan untuk membasmi tungau.  Jika Anda ingin membasminya dengan cara alami, langkah berikut ini mungkin bisa Anda coba di rumah:

1. Jemur Kasur Di Bawah Sinar Matahari Secara Langsung

Tungau kasur biasanya gemar sekali berada di kasur yang lembab, kotor dan jarang dibersihkan. Untuk menghilangkan tungau ini Anda harus rutin membersihkan kasur. Buat jadwal tetap agar kasur terjaga kebersihannya.

Cara membersihkannya cukup mudah, saat mengganti sprei bersihkan permukaan kasur dengan sapu bersih. Selanjutnya Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung yang memberikan efek panas sehingga kasur menjadi hangat dan tidak lagi lembab dan tungau yang ada segera pergi.

2. Menggunakan Baking Soda

Bahan alami yang terbukti ampuh untuk membasmi tungau kasur adalah dengan menggunakan baking soda. Cara menghilangkan tungau kasur dengan bahan ini langkah-langkahnya adalah seperti ulasan di bawah ini;

Campur baking soda secangkir dengan minyak esensial beberapa tetes

Taburkan campuran bahan tersebut ke seluruh permukaan kasur yang ada tungaunya secara merata dan biarkan selama 15 menit

Untuk membersihkan sisa baking soda dapat menggunakan penyedot debu hingga tungau, debu dan soda kue tersedot dan hilang dari permukaan kasur

Balik kasur dan ulangi cara yang sama

Cara ini bisa dibilang cukup efektif dan bisa Anda praktikkan segera di rumah. Namun, penting untuk Anda perhatikan untuk tidak membiarkan kasur kembali lembab agar tungau tidak kembali lagi.

3. Basmi Tungau dengan Kulit Durian

Durian terkenal memiliki aroma yang bisa membuat siapapun merasa pusing. Tungau pun ternyata tidak menyukai aroma ini. Jika Anda kebetulan makan durian, jangan buang kulitnya. Anda bisa memanfaatkannya untuk membasmi tungau secara alami. 

Caranya adalah letakkan kulit durian di kamar atau tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau. Tempatkan kulit tersebut pada titik strategis misalnya bawah tempat tidur atau sudut tempat tidur yang biasanya jadi tempat nyaman bagi tungau.

4. Semprot dengan Minyak Pohon Teh

Jarang ada yang tahu bahwa minyak dari pohon teh memiliki aroma menyengat yang tidak disukai tungau. Anda pun bisa menggunakan cara satu ini yakni dengan menyemprotkan minyak tersebut pada permukaan kasur, bantal, sprei, sofa dan lainnya secara merata yang biasanya suka dihinggapi tungau.

5. Bunga Lavender

Tidak hanya menyemprotkan minyak pohon teh saja, minyak bunga lavender pun memiliki aroma yang tajam dan tidak disukai tungau. Caranya adalah semprotkan minyak lavender ke tempat yang jadi sarang tungau di permukaan kasur secara merata.

Apabila tidak memiliki minyaknya, Anda bisa meletakkan bunga lavender kering untuk mencegah tungau datang. Letakkan bunga lavender yang telah dibungkus kain di atas tempat tidur dan lihat hasilnya beberapa hari kemudian.

6. Gunakan Jus Bawang

Ternyata bawang merah dan bawang putih yang dijadikan jus bisa pula jadi bahan alami yang ampuh untuk mengusir tungau. Caranya cukup mudah, haluskan kedua bawang dengan blender. Ambil sarinya saja, karena itu yang dibutuhkan.

Selanjutnya oleskan jus bawang di tempat yang kamu curigai sebagai sarang tungau. Misalnya saja permukaan karpet, celah-celah sofa, sudut tempat tidur dan lainnya. Begitu diberi jus ini, dalam beberapa jam tungau akan keluar dan berjatuhan satu persatu.

7. Larutan Garam

Larutan garam pun bisa menjadi cara ampuh untuk membasmi tungau. Anda cukup melarutkan garam dengan air dan masukkan ke dalam botol semprot. Selanjutnya semprotkan larutan tersebut ke area yang dihinggapi tungau seperti tempat tidur, karpet, sofa dan tempat lembab lainnya.

8. Gunakan Larutan Cuka

Cuka adalah bahan alami lain yang dapat Anda gunakan untuk membasmi tungau dengan cepat. Bahkan dengan menggunakan bahan ini, Anda dapat membasmi tungau lebih mudah dibandingkan dengan bahan lainnya.

Caranya adalah cukup dengan menyemprotkan larutan cuka ke tempat di mana tungau bersarang. Setelah beberapa jam tungau dan telurnya akan mati secara perlahan. Anda tidak perlu mencampurnya dengan bahan lain seperti air, namun langsung memasukkan larutan cuka ke dalam botol semprot.

9. Daun Sirsak

Cara menghilangkan tungau kasur ternyata bisa pula menggunakan daun sirsak dan terbukti manjur. Cara mengusir tungau yang satu ini terbilang mudah, taruh saja beberapa lembar daun sirsak di tempat yang biasanya dihuni tungau. Biasanya tungau tidak akan betah dan pergi dari tempat tersebut.

10. Gunakan Sprei yang Bersih

Memakai sprei bersih  merupakan langkah preventif dan perawatan untuk mencegah datangnya tungau. Ingat, tungau selalu menyukai tempat yang lembab dan jarang dibersihkan. Apabila Anda sering mengganti sprei secara rutin tentu mencegah kelembaban di kasur. Ganti sprei minimal satu minggu sekali, dengan begitu tungau tidak bisa berkembang biak di tempat tidur Anda..

Jika Anda hanya memiliki sprei terbatas untuk menggantinya secara berkala, Anda bisa membeli sprei baru karena kini banyak sekali promo sprei dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Misalnya sprei Wadimor yang awet dan tahan lama, yang bisa Anda dapatkan di Blibli.com.

Blibli.com sebagai tempat belanja online terpercaya juga menyediakan banyak sprei dengan berbagai macam merk dan ukuran. Karena sekarang sedang banyak promo, sebaiknya Anda manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan sprei Wadimor kesayangan Anda.. 

Apalagi pengiriman Blibli.com tergolong cepat dan metode pembayarannya beragam. Bisa melalui transfer bank atau dompet digital. Harganya? Sudah pasti terjangkau. 

[tim]


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini