-->
    |

Michelle Wu Dilantik sebagai Wali Kota Perempuan Pertama di Boston

Michelle Wu (36 tahun) saat diambil sumpahnya sebagai wali kota Boston, hari Selasa (16/11).(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Michelle Wu hari Selasa (16/11) dilantik sebagai perempuan pertama dan sekaligus orang kulit berwarna pertama yang menjadi wali kota di Boston, kota yang memiliki sejarah panjang.

Pelantikan wali kota Amerika keturunan Asia pertama itu dilakukan dua minggu setelah Wu memenangkan pemilihan wali kota. Sebelum Wu, Boston hanya memilih laki-laki kulit putih sebagai wali kota.

“Pemerintah kota itu istimewa. Kami adalah level yang paling dekat dengan rakyat, jadi kami harus melakukan yang besar dan kecil. Setiap lampu jalan, setiap lubang, setiap taman dan ruang kelas, menjadi dasar untuk perubahan yang lebih besar,” ujar Wu setelah mengambil sumpah jabatan.Bagaimana pun Boston dibentuk atas janji revolusioner, bahwa segala sesuatunya tidak harus seperti biasanya. Bahwa sekarang kita dapat memetakan jalan baru bagi keluarga, bagi generasi mendatang, berdasarkan keadilan dan kesempatan,” tegasnya.

Wu, yang berusia 36 tahun, menggantikan mantan penjabat wali kota Kim Janey – yang juga berasal dari Partai Demokrat. Janey adalah perempuan pertama dan warga kulit hitam pertama yang menjabat posisi itu, tetapi tidak terpilih untuk menjadi orang nomor satu di kota itu.

Wu mengatakan ketika ia pertama kali menginjakkan kaki di dalam Balai Kota Boston yang luas, ia merasa ditelan oleh labirin lorong-lorong beton, pos pemeriksaan dan partisi-partisi yang menjulang, yang mengingatkannya mengapa keluarga imigrannya berupaya menghindari ruang-ruang seperti itu.

Namun, ia mengatakan keluarganya kemudian membuatnya magang pada mantan Wali Kota Thomas Menino dan akhirnya membuatnya menduduki kursi di Dewan Kota Boston di mana ia, katanya, belajar suka duka politik dan pemerintahan kota.

“Hari ini saya tahu bahwa lorong dan tangga Balai Kota adalah rumah saya sendiri,” ujarnya.

Dengan pelantikan itu berarti Wu kini akan menghadapi tugas berat untuk mencoba membuat proposal kebijakan yang ambisius, yang menjadi fokus kampanyenya.

Wu, yang kedua orang tuanya bermigrasi dari Taiwan, dibesarkan di Chicago dan kemudian pindah ke Boston untuk berkuliah di Harvard University dan Harvard Law School. Ia memiliki dua anak kecil. Wu memilih naik kereta api bersama kedua anaknya ke lokasi pelantikan hari Selasa.

Gubernur Massachusetts Charlie Baker yang berasal dari Partai Republik, Senator Partai Demokrat Elizabeth Warren dan Edward Markey, serta anggota DPR Ayanna Pressley menghadiri upacara pelantikan Wu.(VOA)





Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini