-->
    |


Badai Besar Landa Hawaii, Salju Selimuti Puncak Gunung


Potongan gambar dari video timelapse menunjukkan salju di puncak Mauna Kea di Hawaii, AS, pada 2 Desember 2021. (Foto: VOA)


Kapuasrayatoday.com - Sistem cuaca yang luar biasa kuat yang dikenal di Hawaii sebagai Kona, menghantam pulau-pulau dengan angin kencang, dan menimbulkan hujan yang sangat deras serta sambaran petir, bahkan salju di beberapa dataran tinggi di pulau tersebut.

Dinas Cuaca Nasional, pada Senin (6/12), mengatakan badai itu membawa ancaman "banjir besar" ketika sistem tekanan rendah perlahan-lahan bergerak dari timur ke barat dan bertahan di tepi kepulauan. Dinas itu juga mengatakan terdapat laporan salju sampai setinggi 20 cm di bawah puncak gunung berapi tidak aktif Mauna Kea. Para petugas sedang berusaha untuk sampai ke puncak itu untuk mengukur lebih lanjut.Angin kencang, dengan hembusan hingga 129 km per jam, tercatat di puncak Mauna Kea. Pihak berwenang juga telah mengeluarkan peringatan badai salju yang dikeluarkan untuk wilayah puncak tinggi di Pulau Hawaii pada akhir pekan. Badai tersebut telah memicu peringatan darurat sepanjang akhir pekan lalu.

Walikota Hawaii Mitch Roth menyatakan keadaan darurat karena potensi hujan lebat pada Minggu (5/12). Di Maui, listrik padam dan banjir dilaporkan dengan curah hujan lebih dari 30 cm di beberapa daerah.

Semua pulau masih menghadapi ancaman banjir bandang, sambaran petir, tanah longsor dan angin kencang dalam dua hari ke depan. Oahu dan Kauai kemungkinan dilanda badai pada Senin (6/12) dan Selasa (7/12).(VOA)




Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini