-->
    |


Peran Ormas, Polri dan Media Sangat Penting Jelang Nataru

Sanggau,Kapuasrayatoday.com-
Peran Ormas,Polri dan Masyarakat sangat penting mencegah dan mengantisipasi ketertiban dan keamanan, Pertemuan itu bisa memperkuat sinergi antara Polri dan Ormas PP juga Media Online, menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ( Nataru) di Black Coffe. Selasa (21/12/2021)

Cecep salah satu media online kapuasrayatoday.com mengatakan Upaya-upaya untuk melakukan deteksi dini radikalisme oleh masyarakat menjelang Nataru merupakan masalah yang kompleks. 

Untuk mengatasi hal ini, lanjut dia , perlu optimalisasi peran negara dan peningkatan Ketahanan Sosial.

Penangkalan radikalisme-kekerasan dan potensi terorisme ini, tentunya berbeda dengan penangkalan kejahatan kriminal biasa. Maka perlu definisi yang jelas untuk itu.

Perlu dijelaskan juga kepada publik radikalisme mengenai apa saja dan siapa saja yang bisa masuk kategori radikalisme tersebut. 

Sehingga publik nantinya akan mudah memahami kalau suatu tindakan tertentu berpotensi radikal, khususnya yang ada kekerasan tersebut, memang melanggar hukum dan jelas sanksi nya dalam pasal dan ayat yang mana.

Dia meminta pemerintah dan aparat keamanan harus lebih mengoptimalkan lagi penegakan hukum dan juga di media massa serta ranah maya atau cyber patrol guna mencegah potensi intoleransi, radikalisme-kekerasan dan terorisme.

Oleh karena itu, perlu peran dari Babinkamtibmas dan Babinsa dengan fungsi intelijen-nya yang disertai dukungan pihak RT (rukun tetangga) dan RW (rukun warga), seperti aturan tamu yang lebih dari 24 jam wajib lapor ke Ketua RT.

“Pemolisian masyarakat diperlukan untuk mendeteksi radikalisme dan intoleransi ini. Karena dengan keterlibatan aktif dari masyarakat ini dapat menurunkan potensi radikalisme dan intoleransi di masyarakat,” katanya. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini