|



AS Tangguhkan Kegiatan di Kedutaan Besar di Belarus


Gedung Kedutaan Besar AS di Minsk, Belarus (foto: VOA)


Kapuasrayatoday.com - Departemen Luar Negeri Amerika, Senin (28/2) mengumumkan telah menangguhkan kegiatan kedutaan AS di Minsk, Belarus, dan mengizinkan keberangkatan sukarela karyawan non-darurat dan anggota keluarga misi diplomatik AS di ibu kota Rusia, Moskow.

Dalam pernyataan, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan Departemen Luar Negeri mengambil langkah-langkah itu karena masalah keamanan dan keselamatan akibat "serangan pasukan militer Rusia yang tidak beralasan dan tidak bisa dibenarkan di Ukraina."

Ia mengatakan departemen luar negeri terus menyesuaikan kebijakannya di kedutaan dan konsulat di seluruh dunia berdasarkan kondisi keamanan dan situasi kesehatan setempat.Blinken mengatakan, “Pada akhirnya kita tidak memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada keselamatan dan keamanan warga negara AS, dan itu termasuk personel pemerintah kita dan anggota keluarga mereka yang bertugas di seluruh dunia.”

Secara terpisah, Amerika memperbarui peringatan status perjalanannya untuk Belarus dan Rusia ke Level 4 "Jangan Bepergian", mengutip serangan militer Rusia di Ukraina. Rusia telah mengadakan latihan militer di Belarus, menggunakannya sebagai tempat untuk menyasar Ukraina dari Utara.

Sebelumnya pada Februari, kedutaan AS di ibu kota Ukraina, Kyiv, memindahkan operasi ke kota Lyiv di Ukraina barat di tengah ketegangan Rusia-Ukraina. (VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini