-->
    |

Pemkab Sekadau Launching 5 Aplikasi SPBE

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah kabupaten Sekadau melaunching aplikasi Sistem

Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang berlangsung di Aula lantai II kantor bupati Sekadau pada Rabu (9/3) 2022.

Kepala Komimfo kabupaten Sekadau Sabas S.IP dalam laporannya mengatakan, aplikasi ini murni di buat oleh tim aplikasi dari kabupaten Sekadau.

Tujuan dibuatnya aplikasi ini untuk memberikan kualitas pelayanan prima kepada masyarakat.

Sekretaris Daerah kabupaten Sekadau Muhammad Isa yang membacakan sambutan tertulis bupati Sekadau menyampaikan, SPBE memberikan peluang bagi peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan pihak swaata  melalui peningkatan transparansi, kontrol dan akuntable.

Untuk menerapkan SPBE, Pemkab Sekadau telah menetapkan Perbup nomor 19 tahun 2021 tentang SPBE kabupaten Sekadau.



Selama tahun 2021 telah dilakukan evaluasi SPBE yang dilaksanakan bersama Kemenpan RB dan kabupaten Sekadau memperoleh indek SPBE 2,5 dan berada pada posisi ke 4 di Kalbar.

Adapun 5 Portal yang di Launching adalah ;

1. Portal satu data Sekadau merupakan kebijakan tata kelola data pemkan yang bertujuan untuk.menciptakan data yang berkualitasz mudah di akses dan dapat dibagipakai antar instansi pemerintah sampai kepusat (Open data).

2. Portal Puskesmas dan Website Puskesmas terdiri dari 12 website Puskesmas yang bertujuan mempermudah akses dan peningkatan pelayanan bagi masyarakat.

3. Portal Tanam meruoakan aplikasi untuk menghimpun data dan imformasi sawit rakyat ya g dikelola secara swadaya yang akan menjadi daras penerbitan STDB perkebunan.

4. Aplikasi data online Kependudukan (AOK) adalah aplikasi pelayanan administrasi kependudukan Disdukcapil yang dapat dilakukan secara online oleh masyarakat yang berfungsi untuk permohonan layanan administrasi kependusukan seperti KK, Akte lahir, akte kematian dan lainnya.

5. Jaringan Dokumen dan Informasi Hukum versi IDLIS (Indonesia  legal Dokumentation Informastion System). Portal ini merupakan website yang menghimpun dan mengintergrasikan  dokume  informasi hukum yang ada di kabupaten Sekadau denfan portal JDIHN.

Dengan hadirnya aplikaai tersebut, di harapkan dapat meningkatkan indek SPBE dan dapat digunakan secara nyata dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, dalam penyelengaraan pemerintah, SPBE dapat digunakan sebagai acuan untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Implementasi SPBE membutuhkan sinergisitas dan kaloborasi yang harmonis  dari seluruh instansi pemerintah. 

Melalui penerapan SPBE terpadu diharapkan  dapat menciptakan birokrasi yang integratif,dinamis,trransparan dan inovatif yang pada akhirnya masyarakat dapat merasakan meterbukaan informasikan serta pelayanan publik yang terpadi, efektif dan responsif.

Usai membacakan sambutan bupati, Sekda Muhammad Isa melaunching secara simbolis 5 portal SPBE yang dimiliki pemkab Sekadau.

Penulis.     Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini