-->
    |

Kabinda Kalbar Sasar Penghuni Rutan Untuk Di Vaksin

 


PONTIANAK,Kapuasrayatoday.com – Kerjasama Badan Intelijen Daerah (BINDA) dan Kanwil Kemenkumham Kalbar melaksanakan vaksinasi massal di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Pontianak, Selasa (26/4/2022) pagi. 

Sebanyak 600 warga binaan berhasil mendapatkan pelayanan suntikan vaksin.

Kegiatan tersebut di tinjau langsung oleh Kabinda Kalbar, Brigjend Pol Rudy Tranggono, S.ST, M.K.

Orang nomor satu di BINDA Kalbar ini memastikan pelaksanaan pelayanan vaksin berjalan lancar.

“Pelayanan vaksinasi untuk warga binaan ini kita laksanakan di seluruh Lapas dan Rutan di Kalbar,” terang Kabinda Rudy.

Disamping memberikan perlindungan dari ancaman virus corona, menurut Kabinda, kegiatan vaksinasi massal di seluruh Rutan dan Lapas merupakan wujud pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat termasuk warga binaan.

“Melalui vaksinasi massal ini, warga binaan lebih aman dan terlindungi dari ancaman penyakit yang disebabkan virus corona,” ujarnya. 

Secara keseluruhan, Kabinda menyebut sebanyak 600 warga binaan di Rutan Kelas IIA Pontianak berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dia berharap seluruh warga bianaan mendapatkan vaksin sehingga terbentuk kekebalan komunal.

“Ada 600 warga binaan yang di vaksin baik itu dosis satu, dosis dua hingga booster. Mudah-mudahan segera terbentuk herd immunity dilingkungan Rutan Kelas IIA Pontianak. Indonesia Sehat, Indonesia Hebat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalbar, Ika Yusanti yang turut mendampingi Kabinda Kalbar dalam kegiatan itu menjelaskan selama berlangsungnya pandemi Covid-19 maka pihaknya meniadakan pelayanan kunjungan bagi warga binaan.

“Selama pandemi, warga binaan tidak boleh menerima kunjungan dari luar. Namun, masih kita berikan kesempatan untuk kunjungan virtual. Kita antisipasi terjadinya penularan virus corona,” jelasnya. 

Namun, sambung dia, melalui program vaksinasi yang terus digalakan diharapkan dapat membentuk herd immunity di kalangan warga binaan maupun masyarakat umum. Sehingga, pelayanan kunjungan bisa dilaksanakan secara normal.

“Jika semua sudah mendapatkan vaksinasi dan terbentuk herd immunity maka bisa dilakukan kunjungan. Dengan catatan, bukan hanya warga binaan saja tapi keluarga yang berkunjung juga sudah divaksin,” tegasnya. 

Untuk itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Binda Kalbar dan seluruh pihak terkait lainnya yang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi massal dilingkungan Rutan dan Lapas di Kalbar.

“Terima kasih kepada Kabinda Kalbar beserta jajaran yang telah menyelenggarakan pelayanan vaksin bagi warga binaan. Mudah-mudahan pandemi ini segera berubah menjadi endemi sehingga berbagai kegiatan kembali normal,” pungkasnya.(tim)!

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini