-->
    |

Kabinet Baru Pakistan Dilantik

Kabinet Perdana Menteri Pakistan yang baru terpilih, Shahbaz Sharif, dilantik, Selasa (19/4), dalam upacara singkat. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Kabinet Perdana Menteri Pakistan yang baru terpilih, Shahbaz Sharif, dilantik, Selasa (19/4), dalam upacara singkat.

Penjabat Presiden Sadiq Sanjrani mengambil sumpah 34 menteri di istana marmer putih yang dikenal sebagai Istana Kepresidenan di ibu kota, Islamabad. Sharif juga menghadiri upacara tersebut. Pemilihannya 11 April lalu menggulingkan mantan perdana menteri Imran Khan.

Mantan saingan-saingan politik Sharif juga merupakan bagian dari pemerintahan koalisinya.Di antara anggota parlemen terkemuka yang dilantik ke dalam Kabinet adalah Khawaja Mohammad Asif, mantan menteri pertahanan dan anggota partai Liga Muslim Pakistan. Beberapa politisi dari partai mantan Presiden Asif Ali Zardari juga merupakan bagian dari Kabinet, termasuk Khursheed Shah dan Sherry Rehman.

Sharif menggulingkan Khan melalui mosi tidak percaya di Majelis Nasional, majelis rendah parlemen Pakistan. Khan kehilangan cengkeraman kekuasaan setelah ditinggalkan oleh sekutu-sekutu partainya dan mitra utama koalisinya sebelumnya bulan ini.

Sejak itu, Khan menuntut pemilihan baru di rapat-rapat umum yang digelarnya. Ia mengatakan pemerintah baru dibentuk karena adanya konspirasi dengan AS -- tuduhan yang dibantah Washington, dan dinyatakan oleh pemerintah baru di Pakistan sebagai kebohongan.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini