-->
    |


Kapolsek Kapuas Memberikan Himbauan kepada Pemudik

Foto: Kapolsek Kapuas Iptu Heri Triyana. SH di Ruangan Kerjanya

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-
Polres Sanggau melalui Kapolsek Kapuas 
Iptu Heri Triyana, SH. Saat ditemui di ruang kerjanya, Menghimbau warga masyarakat untuk selalu menjaga Kamtibmas ditengah-tengah masyarakat yang sedang melakukan ibadah puasa dan menyambut lebaran 1443 H. Kamis (28/4/2022)

Menghimbau kepada masyarakat yang mudik untuk menjaga kondisi rumah dan titip kepada Ketua RT atau ke tetangganya. yang mengetahui situasi di lingkungan serta memberikan himbauan tentang  kamtibmas, serta untuk tetap menjalin senergitas Polri dengan Masyarakat guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, sudah menjadi tugas dan tujuan Bhabinkamtibmas, disamping itu hal ini juga merupakan penekanan dari Kapolsek Kapuas Iptu Heri Triyana, SH.

Menyikapi hal tersebut, dalam Pelaksanaan tugasnya, Bhabinkamtibmas dan pos pengamanan saat lebaran di siapkan bagi para pemudik. Adapun tujuan dari Pos pengamanan ini adalah untuk memberikan himbauan kepada masyarakat, terkait kamtibmas dan Informasi untuk pemudik.

"Dalam himbauannya, Kapolsek Kapuas pada intinya menyampaikan agar masyarakat tetap berperan aktif dalam menjaga keamanan serta mematuhi himbauan/intruksi pemerintah, tentang pelaksanaan saat mudik dalam pademi virus covid-19, dengan tetap menerapkan pola hidup sehat, baik pada diri sendiri, keluarga maupun lingkungan, tetap menggunakan masker, jaga jarak dan sering cuci tangan maupun hal lainnya sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19." Tuturnya

Pertama, kata Heri, ingat untuk mengunci rumah yang ditinggal mudik. "Yang pertama, pastikan rumah ditinggal mudik dalam keadaan terkunci," ujarnya

Kedua, sebaiknya pemudik menginformasikan rencana mudik kepada tetangga atau kerabat yang tidak melaksanakan mudik sambil menitipkan rumah. Tujuannya agar tetangga atau kerabat bisa menginformasikan jika terjadi peristiwa dengan rumah.

Ketiga, pemudik juga bisa menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas setempat untuk didata. Keempat, apabila menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan dicek terlebih dulu dan semua memang berfungsi optimal demi keselamatan di jalan.

Kelima, jika menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan. "Hindari untuk membawa barang berharga yang berlebihan," katanya

Keenam dan yang menjadi syarat mudik, pastikan sudah mendapat vaksin booster. Jika belum, ingat untuk membawa kelengkapan dokumen berupa hasil tes Covid-19.

Ketujuh, saat berkendaraan patuhi rambu-rambu lalu lintas. "lstirahatlah di rest area yang ada bila terasa lelah, guna menghindari kecelakaan," 

Tips kesembilan, bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pengamanan atau pos pelayanan kepolisian di jalur mudik. "Yang terakhir, tetap disiplin protokol kesehatan dalam berkegiatan. Mari wujudkan mudik aman, sehat dan bahagia," 

Pemerintah menganjurkan bagi setiap pemudik untuk tetap wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan yang memungkinkan terjadinya penularan.

Pastikan juga kamu selalu membawa hand sanitizer untuk menjaga tubuh tetap bersih. Nah, kami memiliki berbagai perlengkapan protokol kesehatan yang bisa kamu gunakan,

Untuk menghindari kerepotan saat sedang mudik, ada baiknya bagi kamu untuk hanya mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan selama di kampung halaman. Tidak perlu membawa barang berlebihan, tapi jangan sampai kekurangan juga.(Cep)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini