-->
    |

Kasus Ebola Baru Terkonfirmasi Terjadi di Kongo

Seorang ibu dari seorang anak, yang dicurigai meninggal dari Ebola, menangis di dekat peti mati anaknya di Beni, Provinsi Kivu Utara Republik Demokratik Kongo, 17 Desember 2018.(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Kasus baru Ebola telah dikonfirmasi terjadi di barat laut Republik Demokratik Kongo, Institut Riset Biomedis Nasional mengatakan pada Sabtu (23/4). Ebola merebak empat bulan setelah berakhirnya wabah terakhir di negara itu.

Kasus tersebut terjadi pada seorang pria berusia 31 tahun yang terdeteksi di kota Mbandaka, Ibu Kota Provinsi Equateur Kongo, kata lembaga itu. Seorang juru bicara kementerian kesehatan mengkonfirmasi penemuan itu.

Pasien mulai menunjukkan gejala pada tanggal 5 April, tetapi tidak mencari pengobatan selama lebih dari seminggu. Dia dirawat di pusat perawatan Ebola pada 21 April dan meninggal pada hari itu juga, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam sebuah pernyataan.

“Waktu tidak memihak kita,” kata Dr Matshidiso Moeti, Direktur Regional WHO untuk Afrika. "Penyakit ini telah dimulai sejak dua minggu dan kami sekarang mengejar ketinggalan."Mbandaka, pusat perdagangan yang ramai di tepi Sungai Kongo, telah menghadapi dua wabah sebelumnya, pada 2018 dan 2020. Mbandaka adalah kota di mana orang-orang tinggal berdekatan, dengan jaringan jalan, air, dan udara yang terhubung dengan Ibu Kota Kinshasa.

WHO mengatakan bahwa upaya untuk menahan penyakit tersebut sudah berlangsung di Mbandaka, dan kampanye vaksinasi akan dimulai dalam beberapa hari mendatang.

Kongo telah mencatatkan 13 wabah Ebola sebelumnya, termasuk satu pada 2018-2020 di timur yang menewaskan hampir 2.300 orang, korban tertinggi kedua yang tercatat dalam sejarah virus demam berdarah.

Wabah terakhir, juga terjadi di wilayah timur, menginfeksi 11 orang antara Oktober dan Desember dan menewaskan enam di antaranya.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini