-->
    |

Oman Bebaskan 14 Warga Asing yang Ditahan di Yaman

Patroli keamanan Houthi di sekitar bandara Sanaa di Sanaa, Yaman 24 April 2022. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Oman memfasilitasi pembebasan 14 warga asing, termasuk seorang WNI, yang ditahan di Yaman. Kementerian luar negeri Oman mengatakan para warga asing itu kemudian dipindahkan dari ibukota Yaman yang dikuasai Houthi, Sanaa, ke Muscat pada Minggu (24/4).

Orang-orang yang dibebaskan itu termasuk seorang pria Inggris, isterinya dan anaknya, tujuh warga India, seorang warga Filipina, seorang WNI, seorang warga Ethiopia dan seorang warga Myanmar, kata kementerian itu. Mereka tidak merincikan apa yang menyebabkan orang-orang itu ditahan.

Pemerintah Inggris mengidentifikasi warga negaranya sebagai Luke Symons, yang telah ditahan tanpa dakwaan atau persidangan sejak 2017.

"Luke berusia 25 ketika ditahan secara sewenang-wenang oleh Houthi. Puteranya baru berusia beberapa bulan ketika itu," kata Menteri uar Negeri Liz Truss dalam pernyataan.

"Ia diduga diperlakukan dengan tidak semestinya, dalam sel isolasi, dan dilarangdikunjungi keluarganya," kata Truss.

Kementerian Oman itu mengatakan bahwa setelah berkomunikasi dengan Arab Saudi untuk memfasilitasi dikeluarkannya izin-izin yang diperlukan, ke-14 orang itu dipindah ke sebuah pesawat Angkatan Udara Kerajaan Oman ke ibukota Oman, untuk bersiap-siap pulang ke negara masing-masing. (VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini