-->
    |


ITKK, Segera Miliki Gedung Baru, Ini 3 Parodi Ungulannya !!!

 Dr. Stepanus Masiun : Pembangunan ITKK Untuk Meningkatkan IPM  Sekadau dan Wilayah Timur Kalbar



Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) akan memiliki gedung baru yang akan dibangun di KM 4 jalan Sekadau - Sintang.

Pembangunan gedung akan dimulai pada Jumat 20 Mei 2022 dan tancap tiang pertama akan dilakukan oleh bupati Sekadau Aron SH kata rektor ITKK Dr.Stepanus Masiun dalam keterangannya saat komprensi pers pada Kamis (19/5) pagi di cafe Lupung jalan Rawak Sekadau.

"Besok tancap tiang pertama  pembngunan Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) di km 4 jalan Sekadau - Sintang oleh bupati Sekadau" ucap Masiun.

Gedung yang pertama yang akan dibangun adalah gedung rektorat  dengan ukuran 23 m x 48 m dan ditargetkan selesai pada Desember 2023 jelas Masiun.

Sementara Ijin ITKK sudah keluar sejak 5 Agustus 2020. Dan pada tahun 2021 ITKK mulai menerima mahasiswa baru dan saat ini kegiatan kampus masih mengunakan gedung SPP lama di Km 2 jalan Rawak.

Saat ini ITKK kata Masiun, memiliki tiga Parodi ungulan yaitu 1. parodi Agroteknologi, 2. Parodi Teknologi Komputer, dan ke 3. Parodi Kewirausahaan.

Pembangunan kampus ITKK bertujuan   untuk meningkatkan IPM kabupaten Sekadau dan wailayah timur pada umumnya ucap Masiun. 

Selain untuk meningkatkan IPM wilayah timur Kalbar, juga untuk  menjawab tantangan teknologi dijaman digital.

Untuk mewujudkan kampus yang kompeten kata Masiun, kita sudah memiliki dosen yang sudah memenuhi standar yaitu Strata 2 (S2).


Sumber dana Pembangunan gedung Kampus


Dana untuk pembangunan kampus ITKK bersumber dari dana sumbangan sukarela seluruh anggota Credit Union (CU) Keling Kumang yang saat ini sudah berjumlah 207.000 orang anggota melalui gerakan 20.000 rupiah setiap anggota atau disebut gerakan 20.000 ribu (G20).

Selain dari anggota CU, pembangunan gedung ITKK juga bersumber dari sumbangan bukan anggota yang sifatnya tidak mengikat.


Latar belakang 


1.Latar belakang pendirian ITKK bermula dari aspirasi para anggota CU Keling Kumang pada tahun 2006 yang pada saat itu menginginkan agar setiap rumah anggota CU KK harus mampu melahirkan seorang Sarjana.

2. Untuk mencapai tujuan tersebut pelan tapi pasti, pada tahun 2015 CU KK mendirikan SMK KK yang saat ini sudah memiliki 7 jurusan.

Dan instrumen untuk mewujudkan impian tersebut adala perguruan tinggi, untuk itu, pada tahun 2016 CU Kk mengagas pendirian ITKK dan pada 5 Agustus 2020 semua perijinan pendirian ITKK sudah diterima secara lengkap ungkap Musa.

Saat ini ITKK memiliki tiga jurusan ungulan yaitu masing-masing jurusan Agroteknologi, Tehnik Komputer dan jurusan kewirausahaan.

Jurusan Agroteknologi merupakan kelanjutan dari jurusan ATPH dan ATPD di SMK KK sambung Musa.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan kampus, pada semester 2 tahun 2024 ITKK akan mengajukan agretaai ulang dengan target agretasi (B).

Sedangkan penerimaan mahasiswa baru selain menerima lulusan SMU, ITKK.juga akan menerima dan membuka jurusan khusus bagi ASN ataupun pegawai swasta yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang Strata 1 (S1) kata Musa.

Pembanguna. ITKK lanjut Musa juga mendapat dukungan dari Pemkab Sekadau dan Pemprov Kalbar.

Penulis.   Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini