-->
    |

Terbebas Dari Covid -19, Warga Kedomba Adakan Ritual Adat Mulang Ajat

 


Sekadau.Kapuasrayatoday.com - 

Warga dusun kedomba desa Gonis Tekam kecamatan Sekadau.Hilir kabupaten Sekadau mengadakan ritual mulang ajat kepada para leluhur di hutan Natai Ubah di dusun Kedomba pada Kamis (5/5) 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menepati janji pada tahun sebelumnya dimana masyarakat dusun Kedomba meminta perlindungan kepada para leluhur saat merebaknya virus covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia dan dusun Kedomba.

Lingku ketua adat dusun Kedomba mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai ucapan rasa syukur atas keselamatan masyarakat dari virus Covid-19 dimana semua warga Kedomba selamat dari virus yang mematikan tersebut yang melanda dunia sejak 2019-2021.



Selain itu, ritual mulang ajat juga dilakukan sebagai rasa syukur atas hasil panen yang melimpah selama tahun ini kata Lingku.

Ritual.ini lanjut Lingku mengunakan adat serba tujuh dengan rincian ayam 7 Ekor, tuak 7 botol, Lemang 7 ruas, dan perlengkapan lainnya menyesuaikan tutup Lingku.

Kepala dusun kedomba Saret mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga dusun Kedomba atas partisipasinya dalam kegiatan ritual ini, ini sudah kita mohonkan kepada leluhur kita pada tahun lalu, dan saat ini kita merasa bersyukur atas perlindungan yang kita rasakan selama ini kata Saret. sebab ini merupakan gawai kita bersama  dan dimakan juga bersama ucap Saret.

Kegiatan ini juga melibatkan seluruh kepala keluarga (KK) yang ada di dusun Kedomba dengan membawa tuak 1 botol, ayan 1 ekor, beras 2 kaleng, beras ketan 1 kaleng untuk di jadikan lemang. Untuk di sajikan sebagai santapan bersama di lokasi kegiatan.

Penulis.    Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini